in ,

Diet Bubble Wrap, Ini Dia Pengganti yang Cocok dan Ramah Lingkungan

Jangan cuma kantung kresek yang dikurangi, penggunaan bubble wrap juga perlu dikurangi

bubble wrap
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Setelah tren belanja online semakin meningkat, penggunaan bubble wrap juga ikut meningkat. Jika dahulu bubble wrap hanya digunakan untuk membungkus barang-barang pecah-belah atau barang elektronik, saat ini pembungkus tersebut digunakan untuk membungkus hampir semua barang yang dikirim melalui jasa ekspedisi.

Tentu saja fenomena tersebut bisa membuat sampah plastik di dunia terus bertambah. Padahal, sudah banyak regulasi yang mengatur pengurangan penggunaan sampah plastik. Nah, biar kamu bisa ikut berkontribusi menjaga lingkungan dan barang yang akan dikirim tetap aman, berikut ini beberapa barang yang bisa digunakan untuk menggantikan bubble wrap.

Kertas daur ulang

Kamu bisa menggunakan kertas daur ulang atau kertas-kertas bekas seperti koran dan majalah bekas. Caranya sangat mudah, koran atau majalah bekas dibuat menjadi bola-bola atau dicabik-cabik hingga berukuran kecil. Cara ini terbilang sangat efektif untuk menggantikan peran bubble wrap. Kertas bekas yang telah digunakan bisa didaur ulang kembali menjadi kertas daur ulang yang bisa kembali digunakan sebagai pelindung barang.

Uma Wrap

Pembungkus kertas yang memiliki pola seperti sarang lebah. Produk ini merupakan ciptaan dari Uma Pak yang didesain khusus untuk membungkus barang pecah-belah, barang berbahan keramik, kerajinan tangan, dan produk otomotif. Nah, produk ini bisa jadi rekomendasi buat kamu pelaku usaha yang tengah bingung mencari pengganti bubble wrap yang ramah lingkungan dan eye catching.

Sabut kelapa

Sabut kelapa juga bisa digunakan untuk melindungi barang yang akan dikirim dengan ekspedisi. Setelah itu, sabut tersebut bisa kamu gunakan kembali unntuk menyikat peralatan dapur sehingga kotoran yang membandel bisa terangkat. Jika tidak ingin menggunakannya sebagai pembersih, kamu bisa mengumpulkannya untuk kemudian dikomposkan menjadi pupuk organik.

Kain perca

Saat ini kain perca kerap digunakan untuk melindungi peralatan rumah tangga yang akan dikirim dengan ekspedisi. Kain-kain perca tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan kembali menjadi kerajinan tangan atau kamu kumpulkan untuk digunakan kembali sebagai pelindung barang yang akan dikirim dengan ekspedisi.

Virgin The Series

Masih Ingat film Virgin? Bakalan Ada Versi The Series Lho!

Pulau Bungin

Pulau Bungin, Pulau Kecil yang Dijuluki Pulau Terpadat di Dunia