in

Diperkirakan Bisa Dihuni, Intip 4 Planet Selain Bumi Ini

Wah, bisa pindah planet nih

planet yang diperkirakan bisa ditinggali
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Sudah 50 tahun sejak pendaratan di bulan yang pertama kali, kemajuan teknologi di bumi kini memungkinkan kita melihat hingga ke planet-planet lain, lho. Tak hanya di tata surya ataupun Galaksi Bima Sakti, planet-planet yang diperkirakan bisa ditinggali ini justru terletak sangat jauh dari bumi. Sejauh apa dan seperti apakah planet tersebut?

Planet pertama yang digadang-gadang bisa dihuni oleh manusia adalah Kepler-186f. Planet ini memiliki ukuran yang kurang lebih hampir sama seperti bumi. Ia juga merupakan exoplanet alias planet yang berevolusi pada bintang yang jaraknya sangat jauh dari matahari.

Uniknya, Kepler-186f berada dalam zona habitasi, yakni berjarak tidak terlalu jauh ataupun terlalu dekat dengan bintang yang menjadi pusat revolusinya. Sayang seribu sayang, jarak bumi dengan Kepler-186f terpaut sejauh 490 tahun cahaya.

Tak sejauh planet sebelumnya, Glinese 667Cc juga diperkirakan bisa dihuni manusia, lho. Jaraknya ‘hanya’ sejauh 22 tahun cahaya dari bumi. Planet yang satu ini pun masih terbilang dekat dengan bumi dibanding planet-planet lainnya.

Ukuran Glinese 667Cc lebih besar daripada planet yang kita huni, kurang lebih 4,5 kali lebih besar. Psst… planet ini juga kerap disebut sebagai salah satu ‘super bumi’, lho karena ukurannya tersebut. Selain itu, planet ini berevolusi pada matahari bernama GJ 667C yang merupakan bagian dari sistem tiga bintang.

Planet ketiga yang bisa dipertimbangkan adalah Kepler-22b. Suhu permukaan planet ini diperkirakan berkisar pada 22 derajat Celcius, cukup dingin dari sebagian besar wilayah bumi yang dihuni manusia. Permasalahannya hanya satu. Planet ini baru bisa disatroni setelah menempuh perjalan sejauh 600 tahun cahaya. Jarak yang sangat jauh ini karena Kepler-22b berada di konstelasi Cygnus.

Planet HD 40307g terletak di konstelasi Pictor. Untuk mencapai planet yang satu ini, manusia perlu menempuh jarak sejauh 42 tahun cahaya dari Bumi. Diperkirakan, kondisi planet ini hampir sama dengan bumi. Keunikan HD 40307g ini mengorbit ‘mataharinya’ dengan jarak hanya 90 juta kilometer. Jarak tersebut hampir dua kali lipat lebih dekat dari bumi, yang berjarak kurang lebih 150 juta kilometer dari matahari.

Masih banyak lagi planet yang sedang dicari oleh peneliti dan astronom. Apakah kamu tertarik pindah ke luar bumi?

mau jadi freelancer

Mau Jadi Freelancer, Harus Pahami Ini Terlebih Dahulu

Didi Kempot

Menyelisik Karier Didi Kempot Sang Maestro Patah Hati