in ,

Diperkirakan Terjadi Potensi Cuaca Ekstrem Selama Sepekan di Awal Januari 2020

Harap untuk menyiapkan diri kamu, ya!

cuaca ekstrem
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Saat ini Indonesia sedang mengalami cuaca yang cukup ekstrem seperti curah hujan yang tinggi sehingga menimbulkan banjir di beberapa titik, seperti di Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang, dan beberapa daerah lainnya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menghimbau masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem selama satu pekan di awal Januari 2020.

Berdasarkan info yang dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. BMKG memantau bahwa masih terdapat potensi peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia dalam waktu sepekan ke depan. Untuk kamu yang berada di daerah yang terdampak cuaca ekstrem, sebaiknya menyiapkan diri dengan baik. Salah satunya, dengan menjaga kesehatan tubuh dan menyiapkan diri untuk mengantisipasi curah hujan yang tinggi.

Cuaca yang dialami oleh Indonesia selama sepekan ini disebabkan oleh aktifnya Monsun Asia yang mampu menimbulkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di sekitaran wilayah Indonesia. Selain itu, Monsun Asia juga menyebabkan terbentuknya pola yang memperlambat kecepatan angin di beberapa wilayah. Suhu permukaan air laut di sekitaran wilayah perairan yang cukup hangat membuat pasokan uap air cukup tinggi.

Uap air yang tinggi mampu mendukung terbentuknya awan hujan sehingga membuat curah hujan yang terjadi beberapa waktu belakangan ini diperkirakan akan terjadi lagi dalam waktu sepekan menjadi tinggi. Terlebih lagi diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer yang signifikan di sekitaran Indonesia.

BMKG pun merilis beberapa wilayah yang berpotensi terkena cuaca ekstrem, yakni pada periode 1—4 Januari 2020 di daerah Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Sementara, untuk periode 5—7 Januari 2020, yaitu Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku , Papua Barat, dan Papua.

Masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem ini.

arsip keluarga yang rusak

Restorasi Gratis Arsip Keluarga yang Rusak Akibat Banjir di ANRI

liburan sekolah

4 Cara Menghilangkan Gabut Saat Liburan Sekolah