in

Diskon Ojek Online Segera Dihapuskan

Kabarnya, aturan ini akan segera diresmikan oleh Kemenhub.

diskon ojek online dihapuskan
Foto: instagram grabid

Ngobrolin.id—Kabar diskon ojek online dihapuskan disampaikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Aturan ini nantinya akan membatasi potongan harga yang selama ini diberikan secara besar-besaran oleh penyedia aplikasi ojek online. Lantas, bagaimana kelanjutannya?

Dikutip dari CNBC Indonesia (12/6), Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan urgensi melarang praktik diskon tarif ini untuk melindungi masyarkat, pengemudi, dan keberlanjutan bisnis transportasi online itu sendiri.

Diskon yang diberikan secara terus-menerus oleh pihak ketiga dikhawatirkan bisa membunuh usaha sejenis. Bukan rahasia lagi jika ojek online sering dibanjiri diskon dan potongan harga.

Predatory pricing rawan terjadi, yakni memberikan diskon hingga mematikan aplikator lain. Jenis usaha yang seperti ini merupakan usaha yang tidak sehat dalam persaingan bisnis.

Kasus predatory pricing merupakan ranah dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Dilansir dari Detik.com (12/6), Kemenbub akan memanggil OJK, Bank Indonesia, dan KPPU terkait dengan rancangan diberhentikannya diskon ojek online.

Diskon yang biasa diberikan biasanya ada dua jenis. Diskon langsung dan diskon tidak langsung. Pemberian diskon oleh pihak ketiga, seperti saat ini, merupakan diskon tidak langsung. Nilai diskon ini tidaklah sama dan seimbang.

Nantinya, pemberian diskon ini pun bukan berarti akan dilarang sama sekali. Namun, diskon yang diberikan sebaiknya dibatasi.

Kemenhub memberikan anjuran diskon yang diberikan berupa royalty program dan poin-poin. Sebagai contoh, penggunaan ojek online dalam jumlah tertentu bisa mendapatkan gratis berkendara. Bisa juga berupa potongan harga untuk tarif selanjutnya.

Pemberian diskon besar-besaran selama ini memang akan memberikan keuntungan, baik bagi pemilik aplikasi maupun pengendara ojek. Namun, keuntungan yang diberikan hanyalah sesaat. Dalam jangka waktu yang lebih panjang, dikhawatirkan justru akan membunuh satu sama lain. Persaingan tidak sehat inilah yang coba diantisipasi oleh Kemenhub.

Apakah kamu salah satu pengguna aplikasi transportasi online tersebut? Bersiaplah, karena aturan ini akan segera diluncurkan. Dikabarkan, aturan ini akan segera diberlakukan pada akhir Juni 2019.

uji coba LRT

Uji Coba LRT, Sudah Siap?

makanan khas Betawi

Makanan Khas Betawi yang Sebaiknya Kamu Coba!