in , ,

Ditolak Konsumen? Jangan Bersedih, Ini Tips Positif Menghadapinya

jangan bersedih, kamu masih punya banyak kesempatan!

ditolak konsumen
foto: pexels

Ngobrolin.id — Dalam aktivitas berjualan sangat mungkin Anda akan ditolak konsumen. Jangan bersedih, ditolak bukanlah merupakan hal yang buruk. Bahkan, penolakan sudah menjadi makanan utama bagi para penjual atau sales. Berikut ini beberapa tips menghadapi penolakan untuk kamu yang baru saja ditolak oleh konsumen.

Menyadari bahwa penolakan sangat mungkin terjadi

Positive thinking sangat dianjurkan untuk kamu yang berkecimpung di dunia penjualan. Namun, jangan pernah lupa bahwa penolakan merupakan kemungkinan yang bisa kamu dapatkan juga. Mulai sekarang persiapkan kemungkinan akan ditolak calon pembeli agar lebih mudah mengikhlaskan penolakan yang didapatkan dan tidak menjadi beban bagi kamu.

Terima dan kendalikan emosi

Sebagai penjual atau sales, kamu harus bisa memberikan pelayanan yang baik. Oleh karena itu, kamu harus memiliki kontrol emosi yang baik. Ketika konsumen menolak produk yang kamu tawarkan, tetap perlakukan dengan baik. Mungkin saja suatu saat konsumen membutuhkan produk yang kamu tawarkan, dan mereka akan menghubungi kamu kembali karena perlakuan yang kamu berikan saat ditolak.

Cari tahu alasannya

Cara ini sebenarnya agak sulit dilakukan karena ada sebagian konsumen yang enggan memberikan alasan jujur mengapa dia menolak produk yang kamu tawarkan. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba bertanya alasan dia menolaknya. Alasan yang diberikan oleh konsumen bisa dijadikan bahan motivasi untuk mengevaluasi produk atau cara kamu menawarkan produk tersebut.

Jangan menyerah dan coba lagi

Penolakan memang terasa cukup menyakitkan. Tak heran, banyak orang trauma dengan penolakan. Kamu akan diliputi rasa sedih dan kecewa yang cukup mengganggu. Namun, kamu tidak boleh membiarkan perasaan tersebut terus berlarut. Kamu harus bangkit dan mencobanya kembali hingga berhasil. Jatuh berkali-kali bukanlah hal yang salah, kok!

Dalam dunia marketing, penawaran pertama memang tidak selalu berjalan dengan mulus. Dengan rajin menawarkan atau memasarkannya dengan cara yang lebih baik dari sebelumnya, konsumen lama-kelamaan mulai tertarik. Namun, tidak ada yang bisa menjamin konsumen baru mulai tertarik di penawaran ke berapa.

 

 

kulit belang

Mengatasi Kulit Belang Akibat Terlalu Sering Bawa Motor

tokoh hantu

Tokoh Hantu Seram di Film Horor, Bikin Merinding!