in

Duo Endah N Rhesa, Sudah Dengar Lagu Mereka?

Suara merdu Endah dipadukan petikan gitar Rhesa nan syahdu emang juara

Endah N Rhesa
Foto: instagram

Ngobrolin.id — Sudah pernah dengar karya Endah N Rhesa? Mereka adalah duo musisi yang beranggotakan Endah Widiastuti dan Rhesa Aditya. Memulai karier sejak 2003 silam, keduanya kini sudah menghasilkan lima album.

Awal mula perjalanan keduanya berasal dari sebuah grup band beraliran rock pada 2003. Setahun kemudian, keduanya memutuskan keluar dari grup tersebut. Endah merilis mini album pertamanya dengan bersolo karier yang berjudul The New Beginning.

Baru pada 2005, keduanya memutuskan untuk merilis album bersama. Album tersebut bertajuk Nowhere To Go. Album ini juga sebagai bukti bahwa kini mereka tergabung dalam duo Endah N Rhesa.

Setahun kemudian, duo yang satu ini kembali merilis mini album berjudul Real Live. Album ini direkam secara live. Di album sebelumnya, keduanya membuat sendiri proyek tersebut dengan kualitas audio dan ilustrasi yang sangat sederhana.

Baru pada 2009, mereka bekerja sama dengan label indie Jakarta, demajors Indipendet Music Industry (dIMI). Proyek kali ini bukanlah hal baru, melainkan merekam ulang album pertama mereka, Nowhere To Go.

Selain mengubah kualitas audio menjadi lebih baik, album yang baru ini juga memiliki desain sampul yang terbaru. Isinya pun tidak sama persis. Ada beberapa materi yang ditambah, dan ada pula yang diulangi.

Diluncurkan kembali, beberapa lagu-lagu Endah N Rhesa menjadi single di album Nowhere To Go ini antara lain I Don’t Remember, When You Love Someone, dan Living with Pirates.

Di tahun yang sama pula, keduanya mengikatkan komitmen dalam pernikahan. Wow! Pasangan yang kompak dan keren banget ya bisa bekerja sama menciptakan banyak karya bersama.

Tahun berikutnya, duo ini kembali mengeluarkan album terbaru. Look What We’ve Found jadi judul untuk album ini. Beberapa lagunya kembali dilepas sebagai single.

Karya mereka tak berhenti sampai di sini saja. Endah N Rhesa terlibat sebagai penata musik pada film Cita-Citaku Setinggi Tanah. Film ini sendiri disutradarai oleh Eugene Panji.

Album berikutnya rilis pada 2013. Album ini memiliki nuansa lebih gelap dari album-album sebelumnya. Selain album bertajuk Escape ini, keduanya juga merilis album lain di bawah naungan label Jepang, Rambling Records.

Masih di 2013, Endah N Rhesa juga didaulat oleh Salman Aristo selaku sutradara Cinta dalam Kardus sebagai pengisi original soundtrack (OST) film tersebut. Sebagai pengisi OST, karier mereka tidak berhenti di sini. Mereka juga dipercaya untuk membuat OST film Bidadari Terakhir, karya Awi Suryadi yang diputar 2015.

Kini, karya-karya mereka bisa kamu nikmati di berbagai platform. Mulai dari kanal YouTube hingga aplikasi Spotify, kamu bisa menemukan lagu-lagu mereka yang khas banget. Suara merdu Endah dan petikan gitar Rhesa cocok banget buat menemani aktivitas sehari-hari.

 

 

alat musik tradisional

Kenali Lagi Yuk Alat Musik Tradisional

smartphone lawas

Cara Manfaatkan Smartphone Lawas Supaya Berguna Lagi