in ,

Earbuds Perlu Dibersihkan Secara Berkala, Simak Cara Membersihkannya!

Jangan lupa untuk dibersihkan ya , teman

earbuds
foto: Pixabay

Ngobrolin.id Earbuds pada earphone perlu dibersihkan secara rutin, lho! Baik itu earbuds nirkabel (tanpa kabel) maupun earphone berkabel. Cara membersihkan earbuds tidak boleh sembarangan agar earphone tidak mudah rusak. Nah, berikut ini Tim Ngobrolin kasih beberapa tips buat membersihkan earbuds earphone yang aman.

Sikat gigi

Gunakan sikat gigi agar proses pembersihan bisa berjalan lebih maksimal. Biasanya, ada banyak kotoran yang menempel pada celah earbuds yang sulit dijangkau apabila dibersihkan hanya dengan tisu.

Pastikan sikat gigi yang kamu gunakan berbulu halus agar tidak merusak bagian dalam. Agar bulu sikat dapat menjangkau area terkecil di dalam earbuds, kamu perlu memilih sikat gigi dengan ukuran bulu terkecil.

Adapun cara membersihkannya dilakukan dengan gerakan melingkar dan secara lembut. Kamu tidak boleh menyikat terlalu keras karena hal itu justru akan menyebabkan kotoran makin masuk ke dalam. Akhirnya, kotoran semakin sulit dikeluarkan.

Cotton buds

Setelah disikat menggunakan sikat gigi, kamu bisa melengkapinya dengan pembersihan menggunakan cotton buds. Cotton buds berguna mengangkat sisa-sisa kotoran yang berserakan karena sikat gigi tidak mampu mengangkatnya.

Gunakan alkohol

Kamu juga bisa menggunakan alkohol 70 persen sewaktu-waktu membersihkan earbuds. Caranya cukup mudah, sikat gigi yang biasa digunakan untuk membersihkan earbuds dicelupkan ke dalam alkohol, kemudian sikat secara perlahan seperti biasa. Pastikan jika earphone kamu sedang tidak tersambung pada handphone atau dalam keadaan mati untuk menghindari korsleting.

Pastikan cairan alkohol yang digunakan tidak terlalu banyak agar tidak membuat earbuds menjadi basah.

Cara membersihkan bantalan silikon

Jika earphone yang kamu kenakan menggunakan bantalan silikon yang masuk ke telinga, kamu perlu membersihkan bagian tersebut juga. Pertama-tama, lepas bantalan silikon dari earbuds. Setelah itu, siapkan mangkuk dan isi dengan air hangat. Kemudian, tambahkan sedikit sabun dan masukkan kain mikrofiber.

Selanjutnya, peras kain mikrofiber hingga tidak ada lagi air yang menetes. Gunakan kain tersebut untuk membersihkan bantalan silikon tersebut.

hamper lebaran

Deretan Ide Hamper Lebaran Kekinian

aturan larangan mudik

Rangkuman Aturan Larangan Mudik 2021