in

Ekowisata Mangrove Jakarta Tawarkan Piknik Murah dan Hemat

ekowisata mangrove Jakarta
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Banyak cara menikmati libur akhir pekan di Jakarta tanpa khawatir menguras kantong. Salah satu pilihannya adalah berkunjung ke ekowisata mangrove Jakarta. Kawasan ekowisata mangrove ini berlokasi di Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, yang dikelola Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta.

Ekowisata mangrove ini ramai dikunjungi warga pada akhir pekan karena diklaim sebagai destinasi yang murah dan terjangkau semua kalangan masyarakat. Di sana, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga. Di antaranya memancing, berswafoto, hingga bercengkerama sambil melihat aktivitas monyet-monyet yang telah dijinakkan.

Lokasi wisata tersebut dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Jika mengunakan kendaraan pribadi, pengunjung akan dikenai tarif parkir kendaraan Rp2 ribu per sepeda motor dan Rp4 ribu untuk setiap mobil.

Memasuki area wisata, setiap pengunjung kembali dikenai tarif masuk Rp2 ribu per orang. Setelah membayar karcis, pengunjung dapat berjalan-jalan di area ekowisata mangrove. Pengunjung dapat melalui jalan utama dengan melihat aktivitas para pemancing ataupun melalui jembatan yang mengelilingi lokasi budidaya mangrove.

Jika dibandingkan dengan wisata di kawasan Ancol yang sudah terkenal, menurut kebanyakan pengunjung, kawasan ekowisata mangrove itu lebih murah. Di Ancol setiap pengunjung pada akhir pekan dikenai biaya Rp40 ribu. Lalu, ongkos akan makin membengkak jika datang ke Ancol bersama keluarga.

Retribusi masuk kawasan ekowisata mangrove sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 225 Tahun 2016 tentang Penyesuaian Tarif Retribusi Pelayanan Kelautan dan Pertanian. Pergub itu mengatur pemakaian fasilitas kehutanan di kota/hutan wisata, yakni mobil Rp4 ribu per unit sekali masuk, sepeda motor Rp2 ribu per unit sekali masuk, dan orang Rp2 ribu per sekali masuk.

Selain itu, sewa lapak tanaman hias dikenai biaya Rp1.000 per meter persegi per bulan. Untuk foto prewedding dikenai tarif Rp250 ribu per hari dan pengambilan gambar Rp750 ribu per hari.

Selain berjalan-jalan santai dan berswafoto, kamu juga bisa melakukan kegiatan memancing. Untuk para pengunjung yang tidak membawa bekal dari rumah, di ekowisata mangrove juga ada sejumlah pedagang makanan ringan dan minuman.

Kawasan konservasi mangrove itu dibuka setiap hari bagi siapa saja. Lokasi itu juga menjadi tempat untuk program-program penanaman mangrove, baik dari komunitas maupun perusahaan yang menggunakan program dana tanggung jawab sosial mereka. Setiap bulannya, rata-rata jumlah pengunjung mencapai 2.000 hingga 2.500 orang.

pahlawan super

Apa Jadinya Kalau Keanu Reeves Jadi Pahlawan Super Marvel?

5 jenis halusinasi

5 Jenis Halusinasi yang Mungkin Pernah Kamu Alami