in

Empat Daun Ini Bisa Meningkatkan Produksi ASI lho Moms

meningkatkan produksi ASI
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Busui alias ibu menyusui seringkali memiliki masalah dengan produksi air susu. Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkan produksi ASI hanya dengan bahan-bahan sederhana dan mudah ditemui.

meningkatkan produksi ASI
Foto: pixabay

Tentunya, bahan-bahan tersebut merupakan bahan tradisional sehingga tanpa efek samping untuk Moms dan buah hati.

Daun katuk

Sudah bukan rahasia jika daun katuk dikonsumsi untuk meningkatkan volume dan nutrisi ASI bagi busui. Daun katuk memiliki kandungan vitamin A, B, dan C serta mengandung nutrisi lain seperti zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna.

Cara mengonsumsinya pun sangat mudah. Moms bisa merebus daun ini, kemudian meminum air rebusannya. Daun katuk juga bisa dimakan mentah sebagai lalapan. Jika suka, Moms bisa memasaknya sebagai sayur bening.

Daun bayam

Bayam merah dan bayam hijau memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk busui. Bayam mengandung vitamin B6, protein, thiamin, asam folat, kalsium, kalium, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut dan phytoesterogen yang terdapat pada bayam dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI, lho.

Cara mengolah bayam tentu Moms sudah tahu, dong. Bayam sangat lezat dikonsumsi sebagai sayur, baik sayur bening, sayur bayam, sayur sup maupun jenis sayur yang lain. Selain itu, Moms juga bisa membuat variasi omelet dan botok bayam bila bosan.

Daun pepaya

Meskipun pahit, daun pepaya mengandung banyak manfaat yang menyehatkan, lho. Apalagi untuk busui yang butuh banyak nutrisi. Daun pepaya mengandung karpain yang dikenal bisa membunuh mikroorganisme yang mengganggu fungsi pencernaan. Dengan demikian, konsumsi daun pepaya bisa membantu meningkatkan kekebalan sistem imun si kecil.

Cara konsumsi daun pepaya adalah dengan ditumis, direbus, atau dimakan sebagai campuran urap.

Selain itu, daun ini juga bisa digunakan sebagai terapi ASI dengan cara mengambil tiga lembar daun pepaya yang masih muda. Kemudian, remas daun pepaya dan panaskan di atas api hingga layu. Tempelkan daun tersebut di area payudara kecuali puting untuk membantu melancarkan ASI.

Daun mangkokan

Penyumbatan saluran ASI adalah salah satu hambatan sulitnya ASI keluar dengan lancar. Daun mangkokan memiliki manfaat seperti daun pepaya yakni memperlancar jalannya ASI.

Daun ini bisa dimakan dengan dimasak sebagai campuran tempe atau ikan teri. Selain itu, terapi ASI juga bisa dilakukan dengan cara mememarkan daun mangkokan. Parutan kunyit ditambahkan dan diberikan minyak kelapa lalu ditempelkan di atas payudara. Lakukan dua kali sehari agar ASI lebih lancar ya, Moms.

Grup idola Arashi

Mulai 2020, Grup Idola Arashi Bakal Hentikan Aktivitas, Kenapa Ya?

Johnny Depp

Tujuh Film Terbaik yang Dibintangi Johnny Depp