in

Endemik, Ini Hewan Asli Indonesia

Hanya bisa ditemukan di negara kita.

fauna endemik asli Indonesia
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Keanekaragaman hayati di Indonesia sangat tinggi. Mulai dari tanaman hingga hewan, kamu bisa menjumpai berbagai flora dan fauna endemik asli Indonesia. Beberapa jenis hewan juga ditemukan hanya bisa hidup di negara kepulauan yang kita tempati ini. Mari simak jenis hewan tersebut.

Komodo

fauna endemik asli Indonesia
Foto: pixabay

Kawasan habitat asli hewan ini ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia. Begitu pula dengan hewan purba yang satu ini. Memiliki racun yang mematikan, komodo hanya ditemukan di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

Komodo merupakan kadal raksasa yang diperkirakan sudah ada sejak zaman dinosaurus masih berkuasa. Kulitnya tebal seperti reptil kebanyakan. Selain itu, hewan ini merupakan karnivora yang juga sangat langka. Masyarakat setempat menyebut hewan ini dengan nama ‘Ora’. Saking khasnya, komodo pernah menjadi logo di mata uang 50 rupiah, lho.

Orangutan

fauna endemik asli Indonesia
Foto: pixabay

Hewan yang satu ini dikenal luas karena memiliki kecerdasan di atas rata-rata primata lain. Tinggal di pedalaman Sumatera dan Kalimantan, orangutan terancam punah sejak banyak aksi penggundulan hutan untuk pembukaan lahan.

Babirusa

fauna endemik asli Indonesia
Foto: instagram animal_science277

Hewan unik ini memiliki struktur tubuh seperti babi. Namun, fisik dan pencernaannya mirip dengan hewan rusa. Itulah mengapa nama babirusa dipilih untuk menggambarkan hewan ini. Babirusa asli dari Sulawesi Utara dan tergolong langka.

Anoa

fauna endemik asli Indonesia
Foto: instagram zoonaute

Masih dari tanah Sulawesi, hewan bertanduk bernama anoa ini juga merupakan salah satu hewan endemik asli Indonesia. Anoa bisa ditemui hidup liar di gunung dan dataran rendah hutan hujan yang ada di Pulau Sulawesi dan Pulau Buton. Fisik anoa sering dibilang mirip dengan kerbau tetapi dengan ukuran kerdil.

Kera hitam

fauna endemik asli Indonesia
Foto: instagram beritapopuler4

Hewan yang satu ini bisa dibedakan dari hewan sejenis karena bulunya yang berwarna hitam. Secara fisik, kera hitam hampir mirip dengan kera kebanyakan. Kamu bisa menemui hewan langka ini jika berkunjung ke Sulawesi. Ciri lain yang bisa kamu tandai dari keberadaan kera hitam adalah adanya beberapa bulu berwarna perak di bahunya.

Badak jawa

fauna endemik asli Indonesia
Foto: instagram yuksbanten

Hewan bercula yang satu ini ditangkarkan di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Ciri utama badak jawa adalah culanya yang kecil. Keberadaannya semakin terancam sejak menjadi objek buruan dan hutan sebagai habitat aslinya digunduli manusia.

jenis jamu

Beragam Jenis Jamu yang Punya Khasiat Berbeda-beda

alternatif pembatas buku

Benda Ini Bisa Jadi Pembatas Buku