in

Es Puter, Apa Bedanya dengan Es Krim?

Suka dengan hidangan manis yang satu ini? Yuk simak bedanya dengan es krim

Es puter
Foto: pixabay

Ngobrolin.idEs puter dikenal juga dengan sebutan es dungdung, es dongdong, es tungtung, sampai es tongtong. Es ini populer di Indonesia. Sering kali, es puter disalahartikan sebagai es krim. Padahal, keduanya berbeda, lho.

Es puter terbuat dari santan sebagai bahan utama. Bahan utama inilah yang jadi pembeda karena es krim terbuat dari susu. Selain santan, bahan lain yang digunakan dalam pembuatan es puter adalah tepung maizena, tepung sagu, atau tepung tapioka.

Karena menggunakan santan, tekstur es puter pun tidak selembut es krim. Kelemahan lainnya adalah titik cair es ini juga lebih rendah dibanding es krim pada umumnya. Psst… konon pembuatan es krim dengan santan ini pertama kali dilakukan karena tidak semua orang pribumi mampu membeli es krim dari susu, lho.

Rasa es puter pun tidak sebanyak es krim. Umumnya, es puter yang kerap dijumpai tersedia dalam varian rasa vanila, nangka, cokelat, atau durian. Rasa yang lebih tradisional juga bisa ditemui, seperti kacang hijau dan ketan hitam.

Cara membuat es puter juga lebih sederhana dari pembuatan es krim yang berasal dari Eropa. Es puter dibuat dengan mencampurkan seluruh adonan pada wadah berbentuk tabung. Wadah ini diletakkan di antara tumpukan es batu yang sudah diberi garam. Wadah kemudian diputar-putar sampai adonan menjadi beku dan bisa disendok.

Karena proses pembuatannya inilah, “es krim Indonesia” ini dijuluki sebagai “es puter”. Julukan lain diberikan karena penjual es puter memiliki gong kecil untuk memanggil pelanggannya. Gong ini akan dipukul dan menghasilkan bunyi ‘dungdung’, ‘tungtung’, atau ‘tongtong’.

Cara penyajian es puter pun tidak jauh berbeda dengan es krim. Es puter bisa disajikan di atas cone es krim atau gelas kertas. Kamu juga bisa membeli es puter yang disajikan di tengah roti tawar, lho. Topping yang ditawarkan pun beragam, mulai dari kacang, ketan hitam, nangka, atau sagu mutiara.

Es puter mulai jadi salah satu es favorit sejak para penjualnya mulai banyak bermunculan di Pulau Jawa. Mereka biasa menjajakan es puter dengan berkeliling menggunakan gerobak dorong.

Kini, sudah tidak banyak penjual es puter yang masih menjajakan makanan dingin ini secara tradisional. Meskipun demikian, kamu masih bisa menemukan penjual es puter sedang menjajakan es di depan sekolah-sekolah.

Bahkan, es tradisional ini menjadi salah satu menu yang paling disukai sebagai sajian dalam suatu acara. Biasanya, es puter akan dipadukan dengan potongan buah sampai puding.

 

jenis suara perempuan

Kenali Jenis Suara Perempuan, Kamu yang Mana?

shade lipstik untuk pemula

Pemula Wajib Punya Shade Lipstik Ini