in

Etika Makan di Tempat Umum

etika makan
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Suka makan di luar rumah? Ternyata, ada beberapa etika makan yang harus kita jaga saat mengonsumsi makanan di tempat umum, lho. Jangan sampai cara kita makan mengganggu orang lain yang juga ingin menikmati makanan tersebut.

Antri

Bebek aja bisa antri, lho. Saat memesan makanan, pastikan kamu tidak menyerobot antrian, ya. Terutama jika kamu makan di tempat makan yang mengharuskan pemesannya mengambil nomor antrian ataupun mengantri langsung untuk memesan makanan.

Jangan bersuara

Suara saat makan bisa menimbulkan selera makan orang lain turun, lho. Biasakan untuk mengunyah makanan dengan mulut tertutup. Untuk mengurangi suara saat makan, juga bisa dilakukan dengan mengunyah secara perlahan.

Jangan main HP

Makan di tempat umum biasanya dilakukan bersama orang lain. Oleh karena itu, hindari penggunaan gadget, ya. Buatlah obrolan yang menyenangkan dengan teman makanmu. Selain menjaga kesopanan, hal ini juga bisa mengakrabkanmu dengan orang itu.

Siku di atas meja? Big No!

Saat makan, hindari meletakkan siku di atas meja. Hal ini akan menimbulkan kesan yang kurang sopan, lho. Selain itu, dengan meletakkan siku di atas meja seseorang akan tampak tidak ramah. Tangan juga bisa tidak sengaja menyenggol makanan lain yang diletakkan di meja.

Alat makan

Gunakan alat makan sesuai fungsinya. Gunakan sendok untuk menyendok makanan dan pisau untuk memotong bahan makanan yang sulit diambil dengan sendok. Perhatikan juga urutan penggunaannya.

Perhatikan barang bawaan

Saat keluar, pasti kita membawa banyak barang bawaan. Mulai dari dompet hingga ponsel. Biasanya, kita akan membawa tas untuk meletakkan barang-barang tersebut. Ketika makan, sebaiknya letakkan di bawah atau kursi di sampingmu. Kamu bisa meletakkan barangmu yang tidak terlalu berat seperti clutch di pangkuan.

Saat memulai makan, perhatikan hal ini

Mulailah makan bersamaan dengan teman-temanmu. Jika kamu makan bersama orang yang lebih tua, persilakan mereka untuk makan terlebih dahulu. Jangan lupa berdoa dan mulailah dengan makanan yang terdekat denganmu, ya!

membaca lewat e-book

Baca Lewat E-Book Ternyata Punya Banyak Kelebihan

kartun anak zaman dulu

Masih Ingat Kartun Anak Zaman Dulu Ini?