in

Etika Menginap di Hotel, Traveler Wajib Tahu!

Jangan sampai salah paham, ya

etika menginap di hotel
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Sebagai traveler, menginap di hotel tentu sudah jadi hal yang lumrah dilakukan. Kini, kita semua tahu bisa menemukan banyak hotel murah dan instagramable melalui banyak aplikasi. Namun, ada yang tak semua orang tahu yakni etika menginap di hotel. Yuk, cari tahu agar tetap sopan selama berlibur di kota atau negara lain.

Sopan kepada siapa saja, termasuk front desk dan house keeping

Sejak awal menginjakkan kaki di hotel yang akan kamu inapi, kamu harus bersikap sopan kepada seluruh staf dan karyawannya. Mulai dari front desk yang kamu temui di meja depan, hingga house keeping yang membersihkan ruanganmu secara rutin.

Para staf biasanya akan memperlakukan istimewa orang-orang yang bersikap ramah kepada mereka. Misalnya, memberikan senyuman tulus hingga menyapa dengan ramah.

Sandal hotel hanya untuk di dalam kamar

Tahukah kamu bahwa sandal hotel sebaiknya tidak dibawa ke luar kamar? Sandal hotel memiliki alas yang sangat tipis. Oleh karena itu, sandal hotel hanya cocok digunakan di lantai yang berkarpet atau untuk menghalau dinginnya lantai di dalam kamar.

Di beberapa negara, menggunakan sandal hotel keluar dari kamar dianggap tidak sopan, lho. Gunakan alas kaki yang kamu bawa saat hendak bepergian walaupun masih di dalam hotel.

Cari tahu apa saja yang boleh dibawa pulang

Ada barang-barang tertentu yang memang disediakan khusus untuk pengunjung dan boleh dibawa pulang. Namun, tak semua barang boleh dibawa pulang, lho. Peraturan ini berbeda-beda tiap hotelnya. Biasanya, barang yang boleh kamu bawa adalah sandal, sampo, sabun, dan sikat gigi.

Periksa kamar sebelum check out

Sangat penting untuk mengecek kembali kamar yang kamu sewa. Pastikan tidak ada barang milikmu yang tertinggal. Selain itu, pastikan pula tidak ada fasilitas hotel yang rusak atau hilang selama kamu gunakan. Hal ini akan mempermudah house keeping dalam melakukan pekerjaannya. Simpel, tapi memberi dampak yang besar.

Uang tips, bolehkah?

Pemberian uang tips sangat lumrah dilakukan di luar negeri. Jika kamu menginap di hotel-hotel Indonesia pun, kamu tetap bisa menyelipkan uang tambahan ini kepada staf hotel. Letakkan sejumlah uang di bawah telepon dan berikan catatan tambahan untuk mengungkapkan terima kasih.

Salurkan keluhan dengan tepat

Memiliki pengalaman kurang menyenangkan saat bermalam di hotel ini, pastikan kamu menyalurkan keluhanmu dengan tepat, ya. Setiap hotel punya layanan pengaduan yang dapat kamu hubungi secara personal. Tanyakan hal yang menurutmu janggal dan kurang mengenakkan.

Berterus terang pada pihak hotel sangat baik untuk menunjang performa mereka bagi pelanggan. Hindari mengkritik hotel di ruang publik, seperti media masa ataupun media sosial. Sebab, hal tersebut bisa menjatuhkan citra hotel dengan sangat cepat. Akibatnya, hotel akan langsung sepi dan tidak laku. Beri mereka kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya, ya.

ruang kosong bawah tangga

Solusi Praktis Isi Ruang Kosong Bawah Tangga

obat panas dalam

Panas Dalam? Coba Atasi dengan Ini