in

Fakta Cupcake, Nggak Cuma Sekadar Miniatur Kue

fakta cupcake
Foto: unsplash

Ngobrolin.idCupcake yang unyu dan menggemaskan, kadang terlalu sayang untuk dimakan. Frosting pada bagian atas kue mungil ini memang didesain sedemikian rupa untuk menarik konsumen. Selain itu, ada banyak fakta cupcake lainnya yang perlu kamu tahu.

Istilah cupcake pertama kali muncul pada awal abad ke-19. Ada dua pendapat yang berbeda, lho, tentang asal usul nama ini. Pertama, nama cupcake dinamai demikian karena ia dipanggang dalam gelas dalam cangkir tanah liat sehingga berbentuk kecil-kecil.

Pendapat kedua, nama cupcake muncul karena untuk membuat kue ini digunakan cangkir atau cup untuk menakar adonannya. Nama cupcake sendiri pada awalnya adalah number cake, sebagai pengingat urutan membuat kue ini secara tradisional.

Resep dan bahan cupcake terdiri atas 1 cangkir mentega, 2 cangkir gula, 3 cangkir tepung, dan 4 butir telur. Tentu saja resep ini sudah sangat berkembang sekarang, seiring berjalannya waktu dan semakin majunya teknologi.

Banyak yang salah mengira bahwa cupcake dan muffin merupakan dua jenis kue yang sama. Akan tetapi, keduanya memiliki rasa dan kekhasan masing-masing, lho.

Muffin merupakan roti yang berasal dari Inggris. Orang Amerika biasa menyebutnya dengan English Muffin. Di Inggris sendiri, cupcake sering disebut dengan fairy cake karena bagian atasnya dihias dengan glaze icing yang berbentuk seperti dua sayap.

Muffin terbuat dari tepung gandum utuh dan biasanya diberi tambahan buah-buahan. Muffin memiliki rasa yang lebih asin ketimbang manis. Teksturnya lebih kering daripada cupcake.

Sementara, cupcake pada dasarnya merupakan kue dalam bentuk yang lebih kecil. Cupcake cenderung manis dan memiliki rasa beragam seperti vanila, cokelat, atau red velvet. Kelembutan kue ini berasal dari komposisi telur dan mentega yang banyak. Dan juga, cupcake selalu memakai frosting.

Kalau kamu pengen beli cupcake yang terkenal di dunia, kamu bisa datang ke The Hostess, yang sudah berdiri sejak 1950. Setiap harinya, toko kue ini berhasil menjual ribuan kue dengan kue andalan mereka adalah cupcake cokelat dengan icing rasa cokelat dan isian krim vanila.

The Hostess mampu memproduksi 600 juta cupcake setiap tahunnya. Satu oven toko tersebut mampu memanggang 11 ribu kue dalam waktu satu jam. Kini, bakery tersebut merupakan salah satu icon Amerika Serikat.

resep tteokbokki

Resep Tteokbokki Mudah Ala Mahasiswa

cheese tea

Teh Kekinian Favorit: Matcha Green Tea, Thai Tea, dan Cheese Tea