in ,

Fakta Danau Toba yang Wajid Diketahui Generasi Milenial

Salah satu warisan alam Indonesia yang sangat cantik

danau toba
foto: https://maritim.go.id/

Ngobrolin.idDanau Toba merupakan salah satu destinasi wisata alam yang dimiliki oleh Indonesia. Danau ini terletak di Medan, Sumatera Utara, memiliki panjang kurang lebih 100 km dan lebar 30 km. Kawasan Danau Toba terbilang sangat luas. Keindahan alamnya menjadi salah satu ikon kecantikan alam Nusantara yang sering dipromosikan ke mancanegara.

Danau Toba kental dengan unsur cerita rakyat yang sering diceritakan turun-temurun. Kisah tersebut bermula dari seorang lelaki bernama Toba yang sedang mencari ikan di sungai. Tiba-tiba, ia menemukan ikan mas yang bisa berubah menjadi wanita cantik. Ia ingin mempersunting wanita tersebut. Si wanita cantik ini pun memberikan syarat padanya untuk tidak menceritakan asal-usulnya pada anak keturunannya kelak.

Sayangnya, Toba ingkar janji. Ia tidak sengaja mengumpat, ‘Dasar anak ikan!’ pada anaknya. Akhirnya, wanita tersebut kecewa dan berubah wujud kembali menjadi ikan, lalu terjadilah bencana alam yang menyebabkan daerah tersebut tertutup oleh air. Sementara itu, sang anak selamat. Berkat saran ibunya, ia naik ke daerah yang lebih tinggi dan kini dikenal dengan nama Pulau Samosir.

Masih ingat kan kamu kisah tersebut? Di balik kisah rakyat yang sering diceritakan pada zaman anak-anak, ternyata danau ini memiliki segudang fakta menarik yang harus diketahui oleh generasi milenial. Ini dia fakta menarik Danau Toba.

Danau air tawar terbesar di Asia Tenggara

Danau Toba merupakan danau air tawar terbesar di Asia Tenggara berdasarkan pemaparan para ahli yang sudah melakukan penelitian di danau yang cantik ini. Danau tersebut terbentuk dari letusan Gunung Toba pada 74 ribu tahun lalu dan hampir menewaskan hingga 60 persen dari makhluk hidup yang ada di bumi.

Gunung Toba

Gunung Toba pernah meletus sebanyak 3 kali. Letusan pertama terjadi sekitar 800 ribu tahun lalu dan membentuk kaldera di sisi selatan, yaitu wilayah Parapat dan Porsea. Letusan kedua terjadi 500 ribu tahun lalu. Letusan kedua ini terbilang letusan kecil, tetapi tetap menghasilkan kaldera di Silalahi dan Haranggaol. Dan, letusan ketiga terjadi pada 74 ribu tahun lalu yang akhirnya membentuk Danau Toba dan di tengahnya terdapat Pulau Samosir.

Gunung Toba merupakan gunung berapi yang mengelilingi kawasan danau dan Pulau Samosir. Konon, gunung ini masih bisa aktif kembali dan memang terletak di kawasan rawan bencana serta tiga lempeng tektonik yang sering bergerak.

Pulau Samosir

Pulau yang terletak di tengah danau ini ternyata merupakan dasar danau yang terangkat. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh para ahli berdasarkan temuannya berupa fosil ganggang yang banyak terdapat di Pulau Samosir.

Letusannya dapat mengubah dunia

Letusan supervolcano dari Danau Toba diprediksi mampu memengaruhi iklim dunia. hal ini mengingat letusan yang pernah terjadi bisa menghilangkan hampir 60 persen populasi di dunia. Letusan Gunung Toba juga bisa menyebabkan perubahan iklim yang cukup ekstrem. Dunia bisa mengalami penurunan suhu dan menyebabkan musim dingin di Afrika Timur.

Dikelilingi 12 Air terjun

Keindahan Danau Toba sudah tidak perlu diragukan lagi. Danau alami ini memiliki segudang sisi yang mampu menarik perhatian wisatawan. Danau tersebut dikelilingi oleh 12 air terjun yang menjadi lokasi wisata.

Kedalaman danau

Banyak orang yang menduga-duga kedalaman danau ini. Ada yang menyebutkan hingga 1.600 meter. Namun, LIPI mengungkapkan kedalaman Danau ini sekitar 508 meter. Sementara, ilmuwan Craig Chesner dari Eastern Ilionis University dan William Rose dari Michigan Technology University mengatakan bahwa kedalaman danau ini mencapai 530 meter.

lagu the overtunes

Lagu The Overtunes yang Wajib Ada di Playlist

jenis masker wajah

Jenis-jenis Masker Wajah Berdasarkan Manfaatnya