in ,

Fakta Menarik Megatank Irfan Hakim yang Selalu Dinantikan Pemirsa

megatank yang pernah viral

megatank irfan hakim
foto: instagram @irfanhakim

Ngobrolin.id — Beberapa waktu belakangan, megatank milik presenter terkenal, yakni Irfan Hakim selalu trending di YouTube. Banyak penonton yang tertarik dan menantikan kisah pembuatan megatank Irfan Hakim yang memakan waktu cukup lama.

Kini, meskipun sudah selesai dibuat, “perjalanan” megatank belum selesai. Masih membutuhkan waktu lebih banyak untuk diisi satwa-satwa yang disukai oleh Irfan Hakim. Berikut ini beberapa fakta menarik megatank Irfan Hakim yang harus kamu ketahui.

Proses pembuatan kolam ikan ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama

Banyak yang mengira bahwa pembuatan kolam ikan itu gampang dan bisa jadi dalam sekejap. Nyatanya, pembuatan kolam ikan membutuhkan waktu yang cukup lama agar kolam tersebut bisa ditempati oleh ikan. Karena jika tidak, ikan yang dimasukkan ke kolam akan mudah mati.

Apalagi untuk membuat kolam ikan seperti megatank yang dikombinasikan dengan biotope. Megatank sendiri sudah direnovasi selama berbulan-bulan lamanya hingga siap diisi ikan.

Bermula dari ikan seharga ratusan juta yang mati secara masal

Sebenarnya, megatank sudah ada sejak tujuh tahun yang lalu. Presenter kondang ini gemar memelihara berbagai macam ikan predator yang berasal dari luar dan dalam negeri. Ia pun membuat tank atau kolam outdoor dan langsung terhubung ke basement rumahnya dengan diberi tembok dari kaca.

Saat ingin menangkap beberapa ikan untuk diberikan ke Baim Wong, Irfan Hakim dan asistennya bernama Luthfi, mematikan filter kolam. Namun, setelah itu, mereka lupa untuk menyalakan filter tersebut dan keesokan harinya ia mendapati sebagian besar ikannya sudah mengambang di permukaan kolam alias mati. Ikan-ikan tersebut berharga cukup mahal dan memiliki nilai histori yang sangat berharga bagi Irfan Hakim.

Dibuat oleh para juara di bidang aquascape

Irfan Hakim tidak mau tanggung-tanggung merenovasi megatank. Ia langsung meminta beberapa orang yang sudah ahli di bidang aquascape serta sudah menyabet beberapa piala internasional, ada Hery Rasio, Dama Refyuda, Doddy Ali Wijaya, Yoyo Prayogi, dan masih banyak lagi. Semua para ahli aquascape bergabung dalam kesatuan yang dibentuk Irfan Hakim dan bernama Scapevangers.

Anggaran yang dihabiskan untuk membuat megatank

Irfan Hakim sendiri tidak pernah menyebutkan berapa nominal yang dihabiskan untuk merombak ulang megatank. Namun, di channel Yoyo Prayogi, salah satu aquascaper yang terjun langsung membuat megatank menyebutkan bahwa anggaran yang dibutuhkan minimal lebih kurang Rp500 juta rupiah. Itu pun hanya untuk membuat biotope-nya, belum termasuk perintilan lainnya, wow!

Membuat tren aquascape meningkat

Megatank yang trending membuat animo masyarakat terhadap seni aquascape menjadi meningkat, apalagi di tengah pandemi kemarin yang membuat masyarakat tidak bisa pergi ke mana-mana. Hal ini pun menjadi berkah bagi penjual yang bergelut di dunia perikanan.

Tayangan edukasi

Irfan Hakim tidak hanya menyajikan perjalanan renovasi megatank. Ia sering membahas seputar pembuatan kolam ikan, aquascape, dan lain-lain untuk dibagikan kepada penonton. Irfan berharap tayangan tersebut memotivasi para aquascaper yang masih pemula untuk terus berkarya.

 

 

 

 

 

penyiar radio

8 Artis yang Berprofesi sebagai Penyiar Radio

olahraga di rumah

Hati-Hati! Beberapa Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Olahraga di Rumah