in , ,

Fakta Unik dari Film Tilik dan Alasan Bu Tejo Tidak Menyukai Dian

Film pendek karya anak bangsa yang wajib ditonton

tilik
foto: instagram @ravacanafilms

Ngobrolin.id Tilik merupakan film pendek yang viral beberapa waktu belakangan ini. Banyak orang yang tertarik menyaksikan aksi Bu Tejo dan beberapa ibu lainnya yang sedang berada di tengah perjalanan menuju rumah sakit untuk menjenguk Bu Lurah. Berikut ini beberapa fakta unik dari film Tilik yang sayang banget dilewatkan.

Penghargaan yang diraih oleh film Tilik

Sebelum kita membahas beberapa fakta unik lainnya mengenai film pendek yang sedang viral, ada beberapa penghargaan yang sudah diterima oleh film pendek ini yang patut dibanggakan. Penghargaan tersebut adalah Piala Maya pada 2018. Selain itu, film ini juga menjadi Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2018 dan Official World Cinema Amsterdam 2019.

Film ini memang sudah tayang sejak 2018 dan baru diunggah ke YouTube pada 17 Agustus 2020.

Sinopsis singkat film Tilik

Bagi kamu yang belum sempat menonton, film ini mengisahkan sekelompok ibu yang sedang menuju rumah sakit untuk menjenguk Bu Lurah dengan menggunakan truk. Di sepanjang perjalanan, Bu Tejo, tokoh sentral yang kini viral selalu membicarakan Dian, kembang desa yang baru saja bekerja tapi sudah bisa memiliki barang-barang mewah.

Fenomena menjenguk dengan menggunakan truk memang benar ada

Mungkin bagi sebagian orang yang menonton masih merasa asing ketika melihat rombongan ibu-ibu di atas truk. Namun, fenomena truk yang membawa rombongan ibu-ibu memang benar adanya. Hal ini dikonfirmasi oleh penulis cerita Bagus Sumartono yang dilansir dari laman kompas.com. Pada 2016 silam, Bagus melihat fenomena sekelompok ibu yang datang ke rumah sakit di Yogyakarta untuk menjenguk dengan menggunakan truk.

Selanjutnya, penulis tertarik untuk mengangkat fenomena tersebut ke dalam sebuah film. Pembuatan film ini bahkan sampai survei ke beberapa desa yang masih menerapkan kebiasaan ini di Yogyakarta.

Alasan mengapa Bu Tejo yang selalu bergunjing tentang Dian

Sosok Bu Tejo dengan kepiawaiannya bergunjing berhasil mencuri perhatian warganet. Bagaimana tidak, ekspresi Bu Tejo selama bergunjing berhasil membuat warganet gemas dan kesal.

Siti Fauziah merupakan aktris yang memerankan sosok Bu Tejo. Siti mengaku pada mulanya ia bukan berperan sebagai Bu Tejo, melainkan Tri.

Dilansir dari liputan6.com, Siti Fauziah menjelaskan alasan mengapa Bu Tejo kesal pada Dian. Bu Tejo dan suaminya mampu mendapatkan harta benda setelah bekerja susah payah sebagai pemborong proyek. Hal tersebut dilakukan dalam waktu yang cukup lama untuk mendapatkan semuanya. Namun, ketika melihat Dian yang baru saja bekerja sudah berhasil membeli barang-barang mewah, menimbulkan kecemburuan yang berujung pada ghibah.

 

es krim rasa indomie

Apa Jadinya Es Krim Rasa Indomie Goreng?

hachi

Begini Akhir Film Hachi yang Jarang Disadari oleh Penonton