in ,

Fakta Unik Uang Rp75 Ribu, Uang Edisi Khusus HUT RI Tiap 25 Tahun Sekali

banyak hal unik dari uang 75.000 yang wajib kamu ketahui

uang Rp75 ribu
foto: https://setkab.go.id/

Ngobrolin.id — Ada banyak kejutan yang terjadi pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia tahun ini. Selain diselenggarakan di tengah pandemi, Bank Indonesia mengeluarkan uang baru yang bernominal Rp75 ribu dalam rangka memperingati HUT RI ke-75. Kamu sudah tahu belum, fakta menarik dari uang Rp75 ribu ini? Langsung saja simak beberapa fakta menarik yang Tim Ngobrolin rangkum.

Edisi khusus yang dikeluarkan tiap 25 tahun sekali

Sebelumnya, Bank Indonesia sudah pernah mengeluarkan uang edisi khusus kemerdekaan RI sebanyak 3 kali, yakni HUT RI ke-25 (1970), HUT RI ke-45 (1990), dan HUT RI ke-50 (1995). Dilansir dari kompas.com, Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyatakan bahwa rupiah edisi khusus HUT RI akan dilakukan tiap 25 tahun sekali. Artinya, uang edisi khusus akan kembali dikeluarkan saat Indonesia sudah berumur 100 tahun.

Tema uang edisi khusus kemerdekaan

Uang yang dikeluarkan di Hari Ulang Tahun Indonesia ke-75 bertema Mensyukuri Kemerdekaan, Memperteguh Kebhinekaan, dan Menyongsong Masa Depan Gemilang. Desain yang digunakan dalam uang tersebut menggambarkan pencapaian pembangunan Indonesia yang sudah dilakukan selama 75 tahun, lho! Selain itu, desain tersebut menggambarkan optimisme untuk menyongsong Indonesia maju dengan kebhinekaan serta SDM yang unggul.

Latar belakang dikeluarkannya uang edisi khusus

Tujuan pemerintah saat mengeluarkan uang edisi khusus ini adalah untuk memperingati kemerdekaan Indonesia yang sudah memasuki umur 75 tahun. Uang edisi khusus ini merupakan wujud rasa syukur karena sudah diberikan kemerdekaan, optmisme untuk mencapai masa depan yang cerah, dan pencapaian yang sudah didapatkan oleh bangsa Indonesia.

Ciri-ciri uang Rp75 ribu edisi khusus

Dalam lembaran uang edisi khusus kemerdekaan terdapat beberapa ciri-ciri yang harus Anda ketahui, di antaranya gambar utama dua Pahlawan Nasional, yakni Dr. (H.C) Ir. Soekarno dan Dr. (H.C.) Drs. Mohammad Hatta, serta gambar bunga anggrek bulan yang di dalamnya ada logo Bank Indonesia. Gambar bunga anggrek bulan tersebut bisa berubah warna dan memiliki efek dinamis saat kamu melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Ketika dilihat dengan sinar ultraviolet, kamu dapat melihar gambar pengibaran bendera merah putih saat Proklamasi 17 Agustus 1945, gambar motif songket asal Sumatera Selatan, dan gambar jembatan Youtefa Papua.

Pada bagian belakang, ada gambar anak Indonesia yang menggunakan pakaian adat daerah. Ketika diraba, gambar tersebut kasar.

Hanya ada 75 juta lembar

Edisi khusus ini diterbitkan dalam jumlah terbatas, yakni hanya 75 juta lembar. Nah, bagi kamu yang tidak mau ketinggalan untuk mendapatkan uang edisi khusus ini, langsung saja lakukan pemesanan untuk penukaran melalui website https://pintar.bi.go.id/. Penukaran dapat dilakukan di Kantor Bank Indonesia terdekat dengan membawa KTP asli dan bukti pemesanan. Buruan! Jangan sampai kelewatan, waktu pemesanan hanya berlaku hingga 3 September 2020.

aktor termahal 2020

Dwayne dan 9 Aktor Lainnya Menjadi Aktor Termahal 2020 Versi Majalah Forbes

uang Rp75 ribu

Daftar Baju Adat yang Ada di Dalam Uang Rp75 Ribu