in

Faktor Pemicu Maag, Kenali dan Cermati

Hati-hati dengan hal berikut, ya.

pemicu maag
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita, nyatanya belum banyak orang yang peduli dengan berbagai faktor pemicu maag. Padahal, penyakit maag bukanlah penyakit yang bisa dipicu oleh keadaan fisik. Psikis sangat berpengaruh erat dengan penyakit nyeri pada lambung ini.

Penggunaan pereda nyeri

Pereda nyeri bisa mengurangi lapisan pelindung perut. Akibatnya, seseorang menjadi rentan terkena maag. Beberapa jenis obat pereda nyeri yang bisa menyebabkan hal ini adalah jenis aspirin, ibuprofen, dan naproxen.

Minuman alkohol

Minuman alkohol juga bisa menjadi faktor pemicu maag. Penyebab minuman alkohol sebaiknya dihindari oleh penderita maag adalah lapisan dalam perut menjadi terkikis dan lebih rentan mengeluarkan cairan pencernaan.

Stres

Kondisi psikis yang kurang stabil juga bisa memicu gejala maag. Beberapa penyebab yang bisa memicu maag antara lain stres akibat ujian, usai menjalani operasi, mengalami luka atau cedera, serta terjadi infeksi parah. Beberapa kejadian seperti gagal menempuh ujian atau patah hati berkepanjangan juga bisa menyebabkan stres yang bisa memicu maag.

Usia menua

Tak bisa dimungkiri bila faktor usia juga memengaruhi faktor pemicu maag pada seseorang. Semakin dewasa, lapisan lambung akan cenderung mengalami penipisan. Seiring berjalannya waktu, orang dewasa pun lebih rentan terkena penyakit maag ketimbang anak-anak dan remaja. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan maag diderita oleh anak muda.

Infeksi bakteri

Heliobacter pylori adalah sejenis mikroorganisme yang bisa menyerang manusia. Bakteri ini mengakibatkan gastritis dan gangguan pencernaan bagian atas lainnya. Orang dengan gaya hidup yang kurang sehat, pola makan yang buruk, dan konsumsi rokok berlebih cenderung memiliki risiko terserang bakteri ini lebih tinggi.

Sistem kekebalan tubuh

Jenis maag yang satu ini dikenal juga sebagai penyakit maag autoimun. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel-sel pembentuk lapisan perut. Reaksi tersebut bisa mengurangi pelindung perut.

Maag jenis ini biasa menyerang orang yang menderita kelainan autoimun. Beberapa penyakit yang menyebabkan penyakit ini antara lain penyakit Hashimoto dan diabetes tipe 1. Penyakit maag autoimun juga dikaitkan dengan defisiensi vitamin B-12.

toxic relationship

Pernah Menjalani Toxic Relationship? Yuk Ambil Hikmahnya

lagu Bondan Prakoso

Lagu Bondan Prakoso Terpopuler, Masih Ingat?