in ,

Fatwa MUI tentang Pelaksanaan Shalat Idulfitri di Rumah

Tata cara shalat Idulfitri di rumah

shalat idulfitri di rumah
foto : pixabay

Ngobrolin.id — Dari awal Ramadan hingga menjelang hari raya Idulfitri, Indonesia masih berada dalam masa wabah pandemi Covid-19 yang menyebabkan sebagian aktivitas terbatas. Banyak kegiatan sehari-hari yang terpaksa harus dilakukan hanya dari rumah. Salah satunya, melaksanakan shalat tarawih dan ibadah lainnya. Saat ini Majelis Ulama Indonesia sudah mengeluarkan tuntunan shalat Idulfitri di rumah.

Shalat Id merupakan shalat sunah muakkad yang dikerjakan pada saat Idulfitri dan Iduladha. Shalat ini dilakukan secara bersama-sama di lapangan atau tempat lainnya pada pagi hari. Pada malam menjelang Idulfitri, umat Islam disunahkan untuk menghidupkan malam lebaran dengan takbir, tasbih, dan kegiatan beribadah lainnya.

Banyak orang sudah sibuk sejak subuh membersihkan diri, mengenakan pakaian terbaiknya, serta parfum untuk berangkat ke tanah lapang atau masjid untuk mengerjakan shalat Id bersama para tetangga. Namun, tahun ini masyarakat tidak bisa melaksanakan shalat Id seperti biasanya. Hal ini untuk mencegah kerumunan massa yang dapat memperbesar peluang penularan virus corona.

Berdasarkan fatwa yang dikeluarkan MUI, umat Islam yang berada di daerah yang sudah terkendali dari ancaman virus corona, pada 1 Syawal 1441 H boleh melaksanakan shalat Id secara berjamaah. Tanda suatu daerah sudah terkendali ini adalah adanya penurunan angka penularan dan sudah ditetapkan sebagai daerah yang mendapatkan kebijakan pelonggaran aktivitas sosial. Kriteria tersebut ditetapkan oleh pihak yang kredibel untuk menilai kondisi suatu wilayah.

Jika wilayah kamu masih masuk kawasan yang sedang dalam pantauan dan angka penularan masih belum terkendali, kamu harus melakukan shalat Id di rumah bersama keluarga atau secara mandiri. Bagi kamu yang bisa melaksanakan shalat di masjid atau di rumah, tetap terapkan protokol kesehatan yang dianjurkan, seperti memperpendek bacaan shalat dan khutbah.

Panduan untuk melaksanakan shalat Id di rumah sudah tercantum di dalam fatwa yang dikeluarkan oleh MUI. Jika ingin dilakukan berjamaah, jumlah jamaah minimal 4 orang, satu orang menjadi imam dan tiga lainnya menjadi makmum. Panduan kaifiat shalat Id sendiri di rumah sama seperti yang dilakukan di masjid. Kamu bisa membaca dengan jelas dalam fatwa MUI yang sudah dirilis 14 Mei lalu.

 

mengelola THR

Tips Mengelola THR di Tengah Pandemi

whatsapp di retas

Kenali Tanda-tanda WhatsApp Diretas