in

Fenomena Menarik Langit Bulan Juli, Catat Tanggalnya

fenomena menarik langit pada Juli
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Bercerita soal fenomena langit selalu menarik. Banyak rahasia yang masih belum manusia ketahui tentang semesta yang membentang di atas kepala. Kabar baiknya, Juli 2019 ini merupakan waktu yang tepat untuk melihat beberapa di antaranya. Ini dia fenomena menarik langit pada Juli, jangan lupa catat tanggalnya!

13 Juli 2019

Lingkari kalendermu pada 13 Juli 2019! Sebab, pada malam tersebut kita bisa melihat Jupiter dari bumi, lho. Posisi bulan akan berdekatan dengan Jupiter. Planet terbesar di tata surya tersebut akan berada dekat dengan satelit bumi di konstelasi Ophiucus.

Jika ingin melihat fenomena langit ini, kamu bisa melihat ke arah selatan bumi. Karena bukan merupakan bulan baru, posisi bulan pun akan tampak samar. Namun, jupiter akan tampak terang. Jika kamu ingin melihat lebih jelas, kamu bisa gunakan teleskop.

16 Juli 2019

Pada malam 16 dan 17 Juli 2019, kamu bisa melihat gerhana bulan sebagian, lho. Bulan akan tampak berwarna kemerah-merahan untuk bagian barat bumi. Di Indonesia sendiri, yang merupakan bagian timur bumi, akan bisa menyaksikan fenomena langit yang satu ini sebelum matahari terbit pada 17 Juli.

Pada tanggal yang sama, kamu juga bisa menyaksikan satu lagi fenomena langit yang jarang terjadi. Tiga benda langit, yaitu bulan, Saturnus, dan Pluto akan bisa terlihat pada waktu yang bersamaan.

Untuk bisa menyaksikan fenomena ini, coba perhatikan ke arah barat daya setelah pukul 21.00. Dua planet dan satelit bumi bisa kamu saksikan dengan posisi Pluto yang terpaut beberapa derajat di sebelah kanan bulan. Bulan sendiri sayangnya tidak dalam fase penuh.

21 Juli 2019

Puncak hujan meteor Alpha-Cygnid terjadi pada hari tersebut, lho. Jika ingin menyaksikan keindahan hujan meteor, kamu wajib banget menandai kalender supaya tidak lupa. Setidaknya, setiap jam kamu bisa melihat ada lima meteor yang meluncur.

Saksikan langit di bagian utara hingga timur laut setelah matahari terbenam untuk menikmati fenomena langit yang satu ini. Sudah siap?

29 Juli 2019

Terakhir, kamu bisa menandai kalendermu di Juli untuk melihat fenomena langit adalah pada 29 Juli 2019. Pada malam tersebut, kamu bisa melihat puncak hujan meteor Delta-Aquarid. Hujan meteor ini akan lebih masif ketimbang hujan meteor Alpha-Cygnid yang terjadi tiga hari sebelumnya. Di atas rasi bintang Aquarius, kamu bisa menyaksikan meteor berjatuhan ke segala penjuru.

kuliner khas Madura

Rekomendasi Kuliner Khas Madura, Wajib Coba

sejarah onigiri

Mengulik Sejarah Onigiri