in ,

Film-film tentang Perjalanan BJ Habibie

Sudah nonton yang mana?

BJ Habibie
Foto: habibieaninunmovie

Ngobrolin.id — Berita duka kembali tersiar dari negara tercinta. Belum lepas berbagai kasus mulai dari kebakaran hutan Kalimantan dan Sumatera hingga prahara di Papua, kini Indonesia kembali harus kehilangan salah satu sosok terbaiknya. Hari Rabu (11/9), Presiden Ketiga Indonesia, BJ Habibie, berpulang di usia 83 tahun.

Pengaruh BJ Habibie sendiri tak hanya di bidang politik. Sudah bukan rahasia lagi bila pria jenius ini merupakan orang pertama yang mampu memecahkan teori kerusakan pada logam konstruksi pesawat. Penemuannya menghasilkan ‘faktor Habibie’ yang masih digunakan hingga sekarang, serta membuatnya dijuluki sebagai ‘Mr. Crack’ karena mampu memecahkan misteri yang terus menghantui sejak era 1960-an itu.

Kisah cintanya dengan sang istri, Ainun, juga membuatnya dikenal sebagai sosok yang berbeda. Kisah pria kelahiran Pare-pare, 25 Juni 1936 ini telah ditayangkan dalam 3 judul yang berbeda di layar lebar. Berikut ini film-film tentang BJ Habibie yang telah menginspirasi banyak masyarakat Indonesia.

Habibie & Ainun

Film yang dibintangi oleh Reza Rahadian sebagai BJ Habibie dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun Habibie ini ditayangkan pada 20 Desember 2012. Habibie & Ainun sendiri diangkat dari memoar BJ Habibie mengenai kisah hidupnya bersama sang kekasih hati, Ainun.

Habibie & Ainun menceritakan perjalanan kedua sejoli ini saat masih muda. Keduanya bertemu di Bandung. Berawal dari pertemuan saat SMP, keduanya memutuskan menikah. Diceritakan, Ainun merupakan pengisi hati dan hari-hari berat yang dilalui Habibie. Mulai dari menempuh pendidikan di Jerman, hingga menjadi presiden menggantikan Soeharto. Semuanya mereka lalui bersama hingga Ainun tutup usia terlebih dahulu.

Rudy Habibie

Sukses dengan film perdana berjudul Habibie & Ainun, film kedua yang berjudul Rudy Habibie ini juga dikenal dengan judul Habibie & Ainun 2. Masih disutradarai oleh Hanung Bramantyo, Rudy Habibie kembali menceritakan kisah perjalanan BJ Habibie yang diperankan oleh aktor kawakan Reza Rahadian.

Berbeda dari kisah yang pertama, di sini latar waktu yang digunakan adalah semasa BJ Habibie sedang menempuh pendidikan sarjananya di Jerman. Kisah ini juga dibumbui berbagai kisah romantis hingga cinta segitiga. Hingga akhirnya, Habibie muda menjawab tantangan negara Indonesia yang membutuhkan sosok cerdas seperti dirinya.

Habibie & Ainun 3

Film ini baru akan ditayangkan pada 19 Desember 2019 mendatang. Dari segi alur penceritaan, Habibie & Ainun 3 menceritakan saat sepasang kekasih tersebut masih berusia muda. Kali ini, BJ Habibie diperankan oleh Jefri Nichol dan Ainun muda diperankan oleh Maudy Ayunda. Sayangnya, film ini tak akan disaksikan oleh BJ Habibie.

Selain ketiga film tersebut, akan tayang pula film berjudul Rudy Habibie 2, Habibie & Ainun 4, dan Cinta antara Praha dan Bandung. Ketiga karya ini belum rampung dalam penggarapannya.

Selamat berpulang, Eyang Habibie. Jasamu terhadap bangsa ini akan selalu dikenang.

 

cara eksfoliasi

Tutorial Eksfoliasi Wajah Agar Tidak Over-Exfiliate

pekerjaan antibosan

Gampang Bosan? Coba Apply Pekerjaan Ini