in ,

Fitur Kirim Uang Lewat WhatsApp Sudah Ada di India!

kirim uang semakin mudah sekarang!

kirim uang lewat Whatsapp
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Pada Jumat (6/11), WhatsApp sudah merilis fitur kirim uang secara resmi di India, salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Jumlah pengguna WhatsApp di negara tersebut mencapai lebih dari 400 juta pengguna. Mulai hari itu, seluruh masyarakat India bisa kirim uang lewat WhatsApp.

Fitur kirim uang melalui WhatsApp dinamakan WhatsApp Payment. WhatsApp menjamin kemudahan dalam bertransaksi, pengirimannya bisa semudah proses pengiriman pesan. Pengiriman uang jarak jauh sudah bisa dilakukan tanpa harus menukarkan uang secara langsung atau pergi ke bank. Pengguna juga tidak perlu khawatir dengan keamanan proses transaksi yang mereka lakukan.

Kirim uang lewat WhatsApp menggunakan sistem UPI (Unified Payment Interface) yang sudah terkoneksi dengan lebih dari 160 bank. UPI merupakan salah satu metode pembayaran digital pertama di India yang cukup dominan dan sudah terkenal karena interoperabilitasnya.

Untuk pengiriman uang melalui WhatsApp, pengguna harus memiliki rekening dan kartu debit di India. WhatsApp akan mengirim instruksi ke bank atau penyedia layanan pembayaran melalui sistem UPI.

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan fitur WhatsApp Payment.

  1. Buka pengaturan WhatsApp dan pilih opsi ‘Pembayaran’
  2. Pilih ‘Tambahkan Akun Baru’ pada pilihan ‘Akun Bank’
  3. Setelah itu akan ditampilkan syarat dan ketentuan, pengguna diminta membacanya terlebih dahulu dan di bagian akhir klik ‘Terima dan Lanjutkan’
  4. Pilih opsi ‘Verifkasi melalui SMS’ dan ikuti seluruh panduan yang ditunjukkan
  5. Selanjutnya, pilih rekening bank yang dimiliki pengguna untuk menggunakan fitur WhatsApp Payment
  6. Setelah proses selesai, pengguna akan mendapatkan pesan ‘Setup Complete’

Setelah fitur tersebut sudah aktif, pengguna sudah bisa mengirim uang melalui WhatsApp. Cara pengirimannya juga tidak kalah mudah. Berikut ini langkah-langkah kirim uang lewat WhatsApp.

  1. Pilih kontak yang ingin dikirimkan uang.
  2. Klik ‘Pembayaran’ pada opsi lampiran. Jika kontak tersebut belum memiliki opsi ‘Pembayaran WhatsApp”, akan muncul pilihan menukarkan uang.
  3. Selanjutnya, masukkan jumlah nominal uang yang ingin dikirim dan klik ‘Next’. Saat mengirimkan uang tersebut, pengguna juga bisa menambahkan pesan.
  4. Terakhir, masukkan PIN untuk melanjutkan pengiriman uang. Jika pengguna belum sempat membuat PIN, pengguna akan diarahkan untuk membuat PIN WhatsApp Payment terlebih dahulu.

 

JKT48 terancam bubar

JKT48 Merugi Selama Pandemi dan Terancam Bubar!

Joko widodo street

Ada Nama Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi!