in ,

Flip, Aplikasi Jasa Transfer Antarbank Gratis, Aman atau Tidak?

bagaimana ya tingkat keamanannya?

flip
foto: instagram @flip_id

Ngobrolin.id — Pernahkah kamu bertransaksi antarbank ke rekening temanmu, lalu temanmu melakukannya via Flip? Flip merupakan startup yang bergerak di bidang jasa transfer antarbank. Jasa yang mereka tawarkan adalah transfer dana antarbank secara gratis tanpa dipungut biaya admin. Bagi pengguna baru pasti akan bertanya-tanya, apakah aplikasi ini aman digunakan?

Saat ini sudah mulai banyak pengguna layanan Flip yang ternyata sudah didirikan sejak 2015 oleh tiga mahasiswa Universitas Indonesia. Kini, startup tersebut sudah terdaftar di Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68 dengan nama perusahaan PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi.

Startup ini sudah menyediakan jasa transfer uang bebas biaya admin untuk sepuluh bank besar di Indonesia, seperti BCA, BNI, BNI Syariah, BRI, CIMB, CIMB Syariah, Mandiri, Mandiri Syariah, Muamalat, dan BTPN Jenius.

Pengguna bisa transfer uang bebas biaya admin dengan limit maksimal Rp5 juta per hari. Jika transfer di atas nominal tersebut, pengguna akan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.500 per transaksi.

Sebenarnya, jika dilihat sekilas, aplikasi ini sangat menolong masyarakat dalam melakukan transaksi. Bagaimana tidak, biaya admin yang biasanya berkisar Rp5.000—Rp6.500 bisa saja menjadi besar jika transaksi yang dilakukan cukup banyak. Jika melalui Flip, kamu hanya diminta untuk mentrasnfer sejumlah uang yang dibutuhkan beserta kode unik.

Misalnya, kamu ingin transfer Rp50.000, flip akan memintamu transfer Rp50.050. Nominal 50 ini merupakan kode unik yang diberikan. Kode unik tersebut pun tidak masuk ke Flip, tetapi masuk ke saldo kamu yang bisa dicairkan jika jumlahnya sudah mencapai Rp10.000.

Lalu, dari mana perusahaan ini bisa mendapatkan keuntungan jika jasa yang diberikan secara cuma-cuma? Flip saat ini sudah memiliki layanan berbayar, layanan penjualan pulsa dan paket data, serta layanan Bigflip untuk kamu yang memiliki bisnis.

Jika dilihat dari rating di Play Store, banyak pengguna yang merasa puas dengan layanan di Flip karena bisa membantu mereka menghemat biaya serta aplikasinya terbilang user friendly.

Namun, ada juga yang mengeluhkan proses transfer yang memakan waktu cukup lama, uang gagal dikirim dan sebagainya. Sejauh ini, customer service Flip sigap menanggapi keluhan pelanggan yang mengalami gagal transaksi.

Aplikasi ini merupakan perantara saat kamu akan melakukan transaksi sehingga kamu tetap butuh datang ke ATM atau transfer lewat m-banking. Setelah itu, jangan lupa unggah bukti transfer untuk diverifikasi oleh pihak Flip. Proses verifikasi akan berjalan maksimal 10 menit. Setelah proses berhasil, kamu akan diberikan bukti transfer digital.

member BTS

5 Member BTS Lanjut Kuliah S2

berdamai dengan masa lalu

Cara Mudah Berdamai dengan Masa Lalu