in , ,

Fungsi Toner, Sebenarnya Penting atau Tidak?

Menurut kamu toner penting atau tidak?

fungsi toner
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Pengguna skincare pasti sudah tidak asing dengan yang namanya toner. Toner diaplikasikan setelah muka dicuci dengan sabun cuci muka, setelah itu baru menggunakan produk skincare lainnya. Namun, masih banyak pemula skincare yang masih bingung dengan fungsi toner itu sendiri karena produk skincare ini seperti tidak memberikan efek apa pun pada wajah.

Toner merupakan produk yang dibuat dengan bahan utama berupa air. Produk ini sangat berguna untuk menghapus sisa make up kamu yang tidak ikut terangkat setelah menggunakan micellar make up remover dan facial wash.

Sisa make up yang masih menempel di permukaan kulit dapat menyebabkan peradangan seperti jerawat. Jadi, fungsi utama dari toner adalah mengangkat sisa-sisa kotoran yang tidak ikut terangkat agar produk skincare lain yang akan diaplikasikan bisa meresap lebih sempurna. Kulit yang sudah dibersihkan dengan toner akan jauh lebih siap menerima serum dan perawatan antiaging.

Sebenarnya, fungsi toner masih banyak, mulai dari menghilangkan minyak, mendinginkan wajah, melembutkan, memperbaiki kulit wajah, hingga menghilangkan bintik hitam di wajah. Namun, seluruh fungsi tersebut ditentukan berdasarkan kandungan yang ada di dalam toner. Oleh karena itu, sebelum membeli, kamu harus tahu terlebih dahulu kandungan serta manfaat dari produk toner yang dibeli.

Seluruh fungsi tersebut bisa bekerja maksimal apabila produk tersebut cocok di kulit wajah kamu dan cara penggunaannya benar. Dua hal tersebut harus kamu perhatikan dengan baik ya, karena bisa saja produk yang kamu gunakan tidak akan memberikan efek apa pun pada wajah karena salah satu dari kedua hal tersebut.

Toner sudah pasti digunakan setelah kamu membersihkan wajah. Pastikan wajah kamu sudah dibersihkan dengan make up remover dan facial wash. Sebelum mengaplikasikannya, pastikan tangan kamu juga sudah bersih sehingga tidak ada kotoran di tangan yang ikut menempel di wajah.

Selanjutnya, ambil kapas dan tuang toner sebanyak satu hingga tetes, lalu usapkan kapas tersebut ke seluruh wajah. Jangan lupa untuk mengusapkan ke bagian leher agar bagian tersebut bersih juga. Kamu bisa memberikan sedikit tekanan seperti sedang memijat wajah.

Toner sebaiknya digunakan secara rutin dua kali sehari, pada pagi dan malam hari, agar hasil perawatan yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

kebijakan whatsapp

Ada Apa dengan WhatsApp? Kebijakan Baru Bikin Banyak Pengguna Beralih

Pameran Tanaman dan Bazar Buku di Gramedia Depok, Jangan Sampai Ketinggalan!