in

Gabut Tingkat Akhir? Coba Bisnis Yuk

Mudah dilakukan bahkan oleh mahasiswa

mencoba bisnis
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Menyelesaikan skripsi memang membosankan. Namun, jangan sampai tugas akhir ini membuatmu terbebani, ya. Jika kamu merasa memiliki banyak waktu kosong sambil mengerjakan skripsi, kamu bisa mencoba bisnis berikut sambil mengisi waktu luangmu.

Bisnis nggak selamanya harus bikin barang, kemudian dijual. Selain mengisi waktu luang, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih sebagai bekal menghadapi ‘dunia nyata’ pascakampus. Biasanya, waktu ini dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk magang. Namun bila kamu belum juga diterima magang, mungkin kamu bisa coba ide bisnis ini.

Pertama, kamu bisa jadi influencer media sosial. Jadi influencer nggak butuh modal banyak, lho. Kamu cukup membangun persona kamu dengan ciri khas tertentu di media sosial.

Media sosial yang beragam ini pun dapat kamu pilih berdasarkan kemampuanmu. Jika kamu lebih suka bergaya di depan kamera, kamu bisa jadi selebgram. Jika kamu suka berkata-kata, jadilah selebtweet.

Kini, juga sudah banyak orang yang terbukti sukses menjadi influencer di YouTube atau disebut juga youtuber. Selain itu, jadi podcaster juga nggak kalah seru, lho. Influencer biasanya akan mendapatkan penghasilan dari iklan, menjadi brand ambassador, ataupun diundang dalam acara tertentu.

Terlebih ketika namamu sudah cukup terkenal, kamu bisa merambah bisnis lainnya dengan ‘menjual’ namamu. Misalnya, bisnis minuman kekinian atau asesoris yang ‘kamu banget’. Menjanjikan, bukan?

Ide bisnis bagi mahasiswa tingkat akhir berikutnya adalah menjadi penjual online. Nggak punya waktu untuk keluar rumah? Tenang, kini kamu sudah bisa menjadi penjual online hanya dengan menjadi reseller atau dropshiper.

Untung akan kamu dapatkan jika jeli melihat peluang. Banyak marketplace yang bisa kamu manfaatkan untuk menjajakan produkmu.

Jika kamu suka membuat kue, memasak, atau membuat kerajinan yang unik, kamu juga bisa pasarkan dengan cara yang sama. Dengan begitu, kamu justru nggak bergantung pada penyedia produk dan barang daganganmu akan memiliki ciri khas yang berbeda dari lainnya.

Mengisi waktu luang tingkat akhir juga bisa kamu coba dengan menjadi freelancer. Bisnis yang satu ini murni menjual kemampuan dan portofoliomu dalam bentuk ‘nama’.

Misalnya kamu punya bakat dan minat dalam fotografi. Kamu bisa menjual jasamu sebagai fotografer wisuda, pernikahan, atau mendirikan studio foto dengan teman-temanmu. Bisnis yang sangat menjanjikan, bukan?

Kamu juga bisa memanfaatkan kemampuanmu mengajar orang lain dan menjadi pengajar les bagi anak-anak SMA. Apalagi bila kamu hendak membuat tim pengajar. Wow!

tips berburu tiket liburan

Tips Ajaib Berburu Tiket Liburan: Automurah

ciri kamu harus mendatangi psikiater

Curhat Nggak Berujung Solusi? Mungkin Kamu Butuh ke Psikiater