in ,

Gak Sadar Tanda Kedaluwarsa Make Up Memudar, Ini Cara Mudah Menentukannya

Jangan sampai kamu menggunakan make up yang sudah kadaluwarsa yah

masa kadaluwarsa make up
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Kamu pasti tahu kan kalau make up itu punya masa kedaluwarsa sama seperti makanan dan minuman. Sayangnya, beberapa produk make up tidak mencantumkan masa kedaluwarsa atau label kedaluwarsanya memudar karena sering disentuh tangan. Nah, sebenarnya ada patokan standar kapan make up kedaluwarsa, masa tersebut bisa dihitung sejak kemasan make up dibuka. Berikut ini masa kedaluwarsa make up berdasarkan jenisnya.

Maskara

Maskara adalah salah satu make up yang memiliki daya simpan cukup singkat, hanya sekitar 3 sampai 6 bulan setelah dibuka. Maskara termasuk make up yang agak riskan karena diaplikasikan di dekat mata yang sangat rentan terhadap bakteri dan jamur. Makanya, maskara yang sudah menunjukkan tanda-tanda seperti tekstur dan bau berubah, harus segera dibuang agar tidak menyebabkan infeksi pada mata.

Foundation cair

Foundation cair yang dikemas dalam tabung dengan pump biasanya dapat bertahan lebih lama dibanding foundation yang disimpan di dalam tabung dengan tutup botol biasa. Masa kedaluwarsa foundation cair sekitar 12 hingga 18 bulan. Foundation yang sudah kedaluwarsa akan ditandai dengan tanda-tanda seperti terlihat terpisah atau warnanya memudar.

Kosmetik berbahan dasar krim

Ada banyak kosmetik berbahan dasar krim, seperti concealer, cream blush, bedak, eye shadow, dan masih banyak lagi hanya tahan selama 6 bulan setelah dibuka.

Kosmetik padat

Bedak, eye shadow, dan blush on padat bisa bertahan selama dua tahun setelah dibuka jika kamu menjaganya dengan benar. Hal ini karena kandungan air di dalam kosmetik cukup rendah sehingga kosmetik tidak rentan diserang jamur dan bakteri. Namun, jika teksturnya sudah berubah, segera buang kosmetik tersebut karena kondisi tersebut mengindikasikan make up kamu sudah tidak bisa digunakan.

Lipstik dan lip balm

Lipstik memiliki masa simpan selama enam bulan. Lipstik yang mengalami perubahan pada aroma dan tekstur tidak bisa digunakan lagi karena sudah kedaluwarsa.

Eyeliner

Sama seperti maskara, eyeliner termasuk make up yang rentan menyebabkan mata terinfeksi sehingga eyeliner tidak boleh digunakan lagi jika sudah kedaluwarsa. Masa simpan eyeliner selama enam bulan setelah dibuka.

saus padang

Kenal Lebih Dekat dengan Saus Padang Andalan Rumah Makan Seafood

dikhinati sahabat

Ketika Kisah Persahabatan Hancur karena Dikhianati, Ini yang Bisa Kamu Lakukan