in ,

Gak Semua Orang Bisa Menerima Vaksin Moderna

Teman Ngobrolin ada yang dapat vaksin moderna?

vaksin moderna
foto: Pixabay

Ngobrolin.id Vaksin Moderna saat ini sudah bisa diberikan kepada masyarakat umum, tetapi dengan beberapa catatan khusus. Moderna sendiri merupakan vaksin COVID-19 yang dibuat oleh perusahaan farmasi asal Amerika Serikat.

Awalnya, Moderna digunakan sebagai booster atau dosis ketiga yang diberikan kepada tenaga kesehatan yang sudah menerima vaksinasi pertama dan kedua, baik itu Sinovac atau AstraZeneca.

Untuk meningkatkan target vaksinasi pada Agustus hingga September 2021, Moderna sudah bisa digunakan untuk masyarakat umum. Namun, Moderna tidak digunakan sebagai suntikan ketiga, tetapi untuk mereka yang tidak bisa menerima vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Mereka yang ingin mendapatkan Moderna harus memiliki surat keterangan belum pernah vaksin dari fasilitas kesehatan. Nantinya, surat tersebut akan ditujukan kepada Kepala Suku Dinas Kesehatan kabupaten/kota, Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Kepala Puskesmas Kecamatan, dan Direktur Rumah Sakit di DKI Jakarta.

Nah, buat kamu yang ingin menggunakan vaksin Moderna, berikut ini beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi selain surat keterangan belum pernah vaksin.

  • Vaksin Moderna diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang memiliki kondisi immunicomprimised seperti gangguan autoimun, penderita kanker, gagal ginjal, dan lain-lain. Kamu yang tidak termasuk kelompok tersebut akan disarankan menggunakan jenis vaksin lain.
  • Moderna juga ditujukan kepada kelompok lanjut usia, anak dan remaja (12—17 tahun), serta ibu hamil. Namun, tentunya mereka juga harus memenuhi persyaratan khusus yang disebutkan sebelumn

Vaksin Moderna akan diberikan sebanyak dua dosis dengan interval atau jarak antara suntikan pertama dan kedua sekitar 28 hari. Saat ini Moderna sudah tersebar di 35 faskes di Jakarta. Seperti di RSUP Cipto Mangunkusumo, RSPAD Gatot Subroto, RSUD Tarakan, RS St. Carolus, RS Abdi Waluyo, pusat pelayanan kesehatan pegawai, Puskesmas Kecamatan Menteng, dan seluruh RSUD yang tersebar di wilayah DKI Jakarta.

Selain di Jakarta, Moderna juga sudah tersedia di Tangerang Selatan, Banten. Hal ini dikarenakan di daerah tersebut terdapat banyak lansia yang menderita comorbid. Selain di Tangerang Selatan, Moderna juga sudah ada di Sulawesi Selatan sebanyak 5.600 dosis.

 

 

 

usir lalat

Cara Alami Usir Lalat dari Rumah

perut buncit

Tahu Gak Sih Kalau Makanan Ini Menjadi Penyebab Perut Buncit, Lho!