in

Galaksi Andromeda Tetangga Bima Sakti

Galaksi Andromeda adalah
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kamu tentu sudah tidak asing dengan nama galaksi yang satu ini, bukan? Galaksi Andromeda adalah tetangga dari galaksi tempat manusia berada, galaksi Bima Sakti atau Milky Way. Yuk, intip ada apa saja di galaksi yang lebih besar ini!

Galaksi bisa ditemukan dalam berbagai bentuk. Misalnya, galaksi Bima Sakti memiliki bentuk seperti spiral. Beberapa galaksi bisa dilihat dengan mata telanjang karena ukurannya yang sangat besar. Namun, beberapa galaksi lainnya memerlukan teropong bintang supercanggih untuk mengetahui keberadaannya. Bagaimana dengan galaksi Andromeda?

Nama galaksi ini diambil dari tempatnya berada, yakni pada konstelasi Andromeda. Walaupun terlampau jarak yang sangat jauh, yakni mencapai 2537 tahun cahaya dari bumi, Andromeda tetap bisa dilihat dari bumi, lho. Apalagi kalau bukan karena bentuknya yang sangat besar.

Galaksi yang satu ini bisa dilihat selama tidak ada polusi cahaya dan saat malam hari yang cerah pada September, Oktober, dan November. Agar lebih jelas, kamu bisa menggunakan teropong. Galaksi Andromeda akan tampak seperti kabut tipis di bagian utara bumi.

Tanpa kita sadari, bahkan galaksi yang satu ini terus mendekat ke arah bumi yang kita tinggali, lho. Kecepatannya bahkan menyamai kecepatan cahaya, yakni 300 kilometer per detik. Tapi tenang, jarak tersebut masih sangat jauh dari planet kita.

Tak hanya mendekati bumi, Andromeda juga terlihat dari bumi karena terdapat banyak sekali bintang di dalamnya. Galaksi Bima Sakti saja memiliki sekitar 250 miliar bintang. Padahal, ukuran galaksi yang kita tinggali lebih kecil ketimbang galaksi Andromeda.

Dalam satu galaksi tersebut, diperkirakan bahkan terdapat lebih dari 1 triliun bintang yang bersinar dan mengitari bagian poros galaksi. Bayangkan saja ada 1 triliun matahari dalam berbagai ukuran.

Banyaknya bintang yang berada di galaksi tersebut cukup wajar mengingat besarnya galaksi yang satu ini. Galaksi Andromeda diperkirakan memiliki ukuran yang sangat besar, yakni bisa mencapai diameter 220.000 tahun cahaya. Ukuran ini dua kali lipat lebih besar dari galaksi Bima Sakti yang berukuran 100.000 tahun cahaya.

Tak hanya bintang, lubang hitam juga banyak sekali terdapat di galaksi yang satu ini. Keberadaan lubang hitam sering kali ditakuti karena gaya gravitasinya yang sangat kuat. Bahkan, cahaya pun tidak bisa lolos jika sudah tertarik gravitasi tersebut.

bahaya polusi udara

Awas! Ini Dia Bahaya Polusi Udara untuk Kesehatan

makanan khas Lampung

Icip Makanan Khas Lampung, Ini Daftarnya