in

Game Horor Terinfeksi Malware, Benarkah?

game horor
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Sebuah game online bertema horor, Scary Granny, bisa bikin kamu benar-benar ketakutan, lho. Tapi selain menakutkan, ternyata game horor ini telah terinfeksi malware. Ini berdasarkan temuan peneliti keamanan dari Wandera. Game Scary Granny ternyata merupakan game tiruan dari platform game populer di Android bernama Granny. Game ini sendiri sudah diinstal sebanyak 100 juta kali.

Mengutip laman Forbes, Wandera menemukan bahwa game Scary Granny ada di toko aplikasi Google Play. Begitu dipasang si pengguna, game ini tak langsung bereaksi, tapi menunggu beberapa hari, sebelum beraksi layaknya penyebar malware. Penundaan ini dilakukan untuk mengelabui si pengguna agar tidak curiga kalau Scary Granny adalah game yang terinfeksi malware.

Uniknya, Scary Granny ternyata merupakan sebuah game yang bisa berfungsi layaknya game lain. Scary Granny merupakan game bertema bertahan hidup dari serangan zombie, tapi game-nya tidak terlalu canggih. Namun demikian, begitu Scary Granny dimainkan, bakal muncul banyak pop-up iklan yang tidak diinginkan.

Pop-up yang muncul pun disamarkan agar terlihat seperti aplikasi-aplikasi terkemuka seperti Facebook, Instagram, dan Snapchat. Dengan begitu, korban pun akan terlibat. Kemudian, ada layar pembayaran yang menipu mencoba membingungkan pengguna agar membayar lebih dari USD 20 untuk mendapatkan versi lengkap game ini.

Parahnya, Wandera juga meneliti game ini lebih lanjut dan game dipenuhi serangan phishing. Pasalnya, pop-up window yang bermunculan berupaya menipu pengguna untuk menambah kredensial akun Google. Pengguna yang terpancing pun tidak akan ragu memasukkan akun Google mereka.

Jika serangan berhasil, malware pun akan mengambil data sensitif lainnya di Android, seperti alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, kode otentikasi, password hingga token keamanan.

Wandera memperkirakan, ada lebih dari 50.000 pengguna Android yang telah menginstal game Scary Granny sebelum Google menghapusnya dari Play Store. Infeksinya pun bisa membuat pengguna frustasi, bahkan, ada korban yang memilih untuk mengganti perangkatnya. Kalau begitu, game ini benar-benar game horor bukan?

perbedaan vegan dan vegetarian

Jangan Keliru! Ini Perbedaan Vegan dan Vegetarian

resep puding buah naga

Resep Puding Buah Naga Merah Menggoda yang Kaya Manfaat