in

Gangguan Kepribadian? Psikiater Sarankan Terapi Psikologis Ini

Yuk hubungi psikiater saat mengalami gejala gangguan kepribadian

terapi psikologis
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Gangguan kepribadian dapat menyerang siapa saja. Penyakit mental ini akan membuat penderitanya kesulitan dalam merasakan, memahami, dan berinteraksi dengan orang lain. Namun, untuk mengonfirmasi gejala yang mungkin kamu alami, kamu bisa berkonsultasi dengan psikiatri terdekat untuk mendapatkan terapi psikologis.

Sudah? Jika kamu sudah mengunjungi psikiatri, biasanya ada beberapa jenis terapi yang direkomendasikan olehnya. Jenis terapi ini diberikan setelah ia melakukan diagnosis kepada pasiennya. Tak hanya secara psikis, pemeriksaan ini juga meliputi kesehatan fisik juga, lho. Salah satunya mencangkup pemeriksaan darah.

Terapi psikologis akan diberikan di bawah bimbingan psikiater. Tujuan pemberian terapi ini bukan langsung menyembuhkan, melainkan untuk mengendalikan emosi sehingga pikiran pun dapat bekerja dengan lebih baik.

Biasanya, terapi akan dilakukan dalam kurun waktu enam bulan. Kondisi ini akan menyesuaikan tingkat keparahan pasien. Jenis terapi psikologis tersebut sebagai berikut.

Terapi perilaku kognitif

Jenis terapi yang pertama ini bertujuan mengubah cara berpikir dan berperilaku. Teori yang melandasi terapi ini adalah bahwa seseorang yang berpikiran negatif akan cenderung melakukan tindakan negatif. Oleh karena itu, pikiran yang ditanamkan harus merupakan hal-hal positif.

Terapi psikodinamik

Jenis terapi psikologis berikutnya adalah terapi psikodinamik. Di sini, pasien akan diajak untuk mengeksplorasi dan membenahi penyimpangan yang sudah rutin dilakukan sejak masih belia. Biasanya, terapi ini digunakan bila penderita mengalami trauma akibat masa lalu.

Terapi interpersonal

Terakhir, psikiatri juga mungkin memberikan terapi interpersonal jika diperlukan. Mental seseorang sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial. Oleh karena itu, jika interaksi yang dibentuk dengan orang lain tersebut bermasalah, harus dibenahi terlebih dahulu. Terapi ini diberikan untuk membenahi masalah interaksi pasien.

Tak masalah ketika kamu menemukan dirimu sedang berada dalam ‘kubangan’ gangguan ini. Lebih baik, hubungi psikiatri sesegera mungkin. Kamu tidak akan dianggap gila hanya karena berbeda.

Lagi pula, penyebab gangguan kepribadian pun sangat beragam. Gangguan ini bisa terjadi mulai dari trauma masa kecil, kondisi ekonomi keluarga, hingga adanya perbedaan struktur pada otak.

mengobati kebotakan

Tangani Kebotakan dengan Tindakan Ini

olahan roti tawar

Antimainstream, Ini Olahan Roti Tawar