in

Gatal Tenggorokan? Redakan dengan Cara Ini

Daripada terus-terusan menahan gatal

cara mengatasi gatal tenggorokan
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Tenggorokan gatal sering jadi masalah sepele namun mengganggu aktivitas. Ingin menggaruk tapi tidak bisa. Ingin disembuhkan tapi bingung caranya. Tenang, Tim Ngobrolin.id bakal kasih tahu cara mengatasi gatal tenggorokan yang mengganggu itu.

Minum teh jahe

Teh jahe bisa meredakan gatal tenggorokan, lho. Kehangatan pada jahenya bisa membantu meredakan gatal yang meradang. Konsumsi teh jahe sebaiknya dilakukan saat minuman masih dalam keadaan hangat, ya.

Banyak minum air

Gatal tenggorokan juga bisa terjadi karena kurang konsumsi air. Solusinya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Lebih manjur jika air yang kamu minum dalam keadaan hangat sehingga tenggorokan pun jadi lebih hangat.

Mengonsumsi permen pelega tenggorokan

Permen jenis ini sudah banyak ditemukan di minimarket dan toko-toko terdekat. Biasanya, permen ini memiliki kandungan mint untuk melegakan tenggorokan. Rasanya pun beragam. Selain itu, permen ini juga merangsang produksi air liur. Dengan begitu, tenggorokan jadi tetap lembap.

Berkumur dengan air garam

Cara ini mudah namun sedikit merepotkan jika kamu tidak sedang ada di rumah. Pertama, siapkan setengah sendok teh garam dengan segelas air. Kemudian, gunakan larutan tersebut untuk berkumur, seperti berkumur biasa dan pada umumnya. Apakah gatal tenggorokanmu sudah berkurang?

Istirahat

Bisa jadi, gatal tenggorokan yang kamu derita disebabkan oleh kamu yang terlalu lelah. Aktivitas seharian dan banyak kegiatan seringkali memicu radang tenggorokan. Cobalah untuk beristirahat dan beri waktu bagi tubuh untuk memulihkan keadaan tubuh.

Hindari kopi dan minuman berkafein lainnya

Kandungan kafein dalam kopi bisa membuat tenggorokan kering, lho. Selain itu, kopi juga membuat seseorang lebih cepat dehidrasi. Jadi, sebaiknya hindari minuman berkafein. Selain itu, hindari pula minuman yang mengandung alkohol karena dampaknya sama-sama kurang baik untuk tenggorokan.

Gunakan humidifier

Untuk menjaga kelembapan, kamu bisa memasang humidifier di dalam ruangan kamu. Udara yang kering bisa jadi salah satu penyebab tenggorokan jadi gatal. Bisa jadi pula, alergen berupa debu jadi pemicu tenggorokan gatal.

Dekongestan

Salah satu cara bernapas yang paling mudah saat hidung tersumbat adalah melalui mulut. Sayangnya, cara ini justru akan membuat tenggorokan gatal karena kering. Oleh karena itu, jika tenggorokan gatal karena hidung tersumbat sebaiknya kamu mengonsumsi dekongestan.

 

game Second Galaxy

Game Second Galaxy Segera Hadir di Android dan iOS

resep chicken cordon bleu

Sajikan Makanan Istimewa dengan Resep Chicken Cordon Bleu Ini