in

Gaya Hidup Zero Waste yang Mulai Dilirik Orang

sayangi bumi untuk anak dan cucu kita nanti

zero waste
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Tak dimungkiri perubahan iklim terjadi akibat banyaknya jumlah penduduk dan bumi yang sudah semakin tua. Banyaknya penduduk tentu menyebabkan banyaknya aktivitas yang dilakukan hampir 24 jam penuh. Hasil sampingan dari seluruh aktivitas tersebut adalah limbah yang masih kurang dimanfaatkan sehingga penumpukan limbah pun tak terelakkan. Sebagian masyarakat pencinta lingkungan kini sudah menerapkan gaya hidup zero waste untuk meminimalisir sampah dalam sehari.

Meskipun gaya hidup ini hanya dilakukan oleh perseorangan, jika dilakukan secara bersamaan dapat mengembalikan sedikit demi sedikit kondisi lingkungan yang sudah telanjur rusak. Pemerintah pun sudah mulai menerapkan kebijakan penggunaan tas belanja yang bisa digunakan berkali-kali untuk mengurangi sampah plastik. Kamu pun pasti bisa menerapkan gaya hidup zero waste dengan mudah.

Gunakan tas belanja

Saat ini masyarakat Indonesia sudah dipaksa untuk menggunakan tas belanja yang bisa dipakai berkali-kali jika ingin berbelanja ke supermarket. Namun, sayangnya peraturan tersebut belum diterapkan pada warung kecil dan warung di pasar tradisional. Sebaiknya mulai kesadaran diri sendiri dengan mengurangi sampah plastik dengan membawa tas belanja sendiri yang bisa kamu beli di supermarket atau tempat lainnya.

Gunakan tumbler

Gerakan menggunakan tumbler sudah dicanangkan oleh banyak pihak sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Dengan botol tumbler, kamu bisa berkontribusi mengurangi sampah botol yang hanya bisa dipakai sekali dan memenuhi tempat sampah.

Kurangi menggunakan sedotan plastik

Jika minuman bisa langsung diminum tanpa menggunakan sedotan plastik, sebaiknya hindari penggunaan sedotan plastik. Meskipun berukuran kecil, tidak menutup kemungkinan sampah ini bisa mengotori lingkungan karena banyak yang menggunakan. Kamu bisa menggunakan jenis sedotan yang bisa dipakai berkali-kali.

Komposkan sampah organik

Biasanya sebagian besar sampah rumah tangga berupa sampah organik. Sampah tersebut masih bisa diolah menjadi kompos yang berfungsi untuk memperbaiki struktur tanah serta meningkatkan kesuburan tanah.

Membeli barang sesuai dengan kebutuhan

Saat berbelanja, terkadang kita suka lupa apa yang dibutuhkan dan malah membeli apa yang tidak dibutuhkan. Efeknya, barang tersebut tidak digunakan hingga kedaluwarsa dan akhirnya harus dibuang, sayang banget kan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu hanya membeli barang sesuai dengan kebutuhan atau yang kamu perlukan.

menu buka puasa

Menu Buka Puasa yang Mulai Dirindukanka Puasa yang Mulai Dirindukan

cerita cintaku

Cerita Cintaku, Tur Komedi Raditya Dika yang Mampu Menghibur Kamu Saat Mumet