in

Gejala Tumor Otak yang Harus Diwaspadai

gejala tumor otak
Foto: instagram

Ngobrolin.id — Belum lama ini, terdengar kabar bahwa salah satu artis tanah air terserang penyakit mematikan. Agung Hercules, penyanyi dan juga aktor, dikabarkan terserang tumor otak ganas dan sedang menjalani rangkaian pengobatan. Bagaimana gejala tumor otak tersebut?

Tumor otak merupakan salah satu penyakit ganas. Ia berkembang menyerang bagian tubuh vital bagi manusia, yaitu otak. Tumor ini pun bisa berubah menjadi kanker. Biasanya, para penderita seringkali tidak menyadari telah mengidap tumor otak sampai tahap yang sudah cukup parah.

Sakit kepala

Sakit kepala bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari migrain sampai pusing memikirkan pekerjaan. Sakit kepala yang menjadi ciri tumor otak pun memiliki gejala yang sama dengan sakit kepala kebanyakan. Umumnya, penderita akan menganggap gejala ini sebagai penyakit ringan.

Lemah dan lesu

Tak bertenaga, penderita tumor otak umumnya akan merasa lebih cepat lesu saat menjalani aktivitas sehari-hari. Gejala tumor otak biasanya akan memengaruhi pergerakan otot. Akibatnya, tubuh pun akan menjadi lebih lemah dan lebih cepat lemas.

Sama seperti sakit kepala, gejala lemah dan lesu juga sering kali tidak disadari. Hal ini karena gejala-gejala ini terlalu umum dan bisa menjadi ciri-ciri terkena penyakit lain yang tidak berbahaya.

Kesulitan membentuk kata

Biasanya, penderita akan mengalami kesulitan membentuk kata dalam hal berbicara. Penderita akan lebih mudah gagap ketimbang orang biasa.

Telinga berdenging

Jika tumor yang tumbuh di otak mengganggu saraf pendengaran, telinga bisa mengalami pendengingan dengan kondisi yang tidak wajar. Akibatnya bisa fatal. Penderita bisa mengalami gangguan pendengaran bahkan kehilangan pendengaran.

Telinga yang berdenging ini juga sering tidak disadari. Hal ini karena gejala ini walaupun tidak mengacu pada penyakit tertentu, bisa terjadi karena faktor lingkungan biasa. Telinga berdenging yang terjadi dalam kondisi yang tidak wajar jadi salah satu gejala yang perlu kamu waspadai.

Infertilitas

Hal ini juga bisa menjadi penanda penting seseorang terkena penyakit serius. Otak yang mengendalikan seluruh tubuh jika terserang tumor, bisa mengakibatkan terserangnya jaringan-jaringan saraf dan mengganggu fungsi tubuh. Salah satunya adalah mengendalikan hormon kesuburan.

Kondisi seseorang yang menderita infertilitas bisa mengakibatkan kemandulan. Hal ini tentu saja sangat fatal karena tumor telah berkembang dengan parah dalam otak.

Hilang keseimbangan

Mudah terjatuh atau sulit menyeimbangkan tubuh? Salah satu saraf yang mungkin terserang oleh tumor otak adalah saraf pengatur keseimbangan. Jika saraf ini sudah terkena, dampaknya bisa membuat seseorang kehilangan keseimbangannya.

selebtwit kocak

Main Twitter Lagi, Sudah Follow Selebtwit Kocak Ini Belum?

Planet Mars

Logo Star Trek di Mars Apakah Hanya Kebetulan?