in

Gelato, Si Manis Dingin Bukan Es Krim Biasa

es krim gelato
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Apakah kamu pencinta es krim? Kalau iya, pasti sudah familiar dong dengan gelato. Es krim gelato ini sudah cukup mudah ditemui di Indonesia. Penyajiannya pun beragam. Mulai dari tempat hang out sama teman yang super nyaman, sampai tempat makan keluarga yang menyajikan suasana kehangatan.

Gelato biasa disebut sebagai salah satu varian es krim dengan rasa yang padat dan lebih klasik. Tapi soal harga, bisa dibilang bahwa gelato lebih mahal daripada es krim umumnya. Sebenarnya, apa sih yang membedakan gelato dengan es krim biasa?

Gelato dalam bahasa Italia, negara asal gelato, memiliki arti beku. Gelato sendiri terbuat dari bahan-bahan yang hampir sama dalam pembuatan es krim, yaitu susu, krim, dan gula yang dibekukan. Varian rasa dari gelato diperoleh dengan menambahkan berbagai buah, kacang, dan perisa lainnya.

Hal mendasar yang membedakannya dari es krim pada umumnya adalah gelato mengandung lebih sedikit udara. Hal ini menyebabkan rasa gelato jadi lebih padat daripada es krim biasa. Selain itu, karena udara dalam adonan gelato lebih sedikit, rasanya pun menjadi lebih pekat.

Gelato umumnya disajikan dengan kerucut es krim, cup kertas, irisan roti, kue, atau dengan wadah lainnya.

Proses pembuatan gelato pun berkembang dari proses tradisional yang digunakan pada zaman dahulu. Saat itu, gelato dibuat dengan menambahkan kuning telur sebagai penstabil utama gelato agar campuran bahan bisa tetap tercampur.

Seluruh bahan termasuk gula, susu, dan air dimasukkan ke panci atau wadah besar. Wadah tersebut dipanaskan, kemudian didinginkan. Bahan perasa seperti buah-buahan, cokelat, berbagai jenis kacang atau perasa lainnya kemudian ditambahkan ke dalam adonan gelato.

Pengadukan dilakukan dengan cara menempa adonan gelato. Proses ini merupakan pemberian udara saat gelato mulai didinginkan. Maksud dari pemberian udara adalah supaya teksur gelato menjadi lebih padat dan halus.

Kini, gelato dibuat dengan proses menambahkan bahan cair berupa susu dan air ke dalam campuran perasa, stabilisator, dan pengemulsi. Seluruh bahan dimasukkan ke kabin ruang pembeku. Penggunaan komposisi bahan yang tetap ini ditujukan agar cita rasa gelato tetap sama setiap waktu. Namun, pembuat gelato tak lagi bisa bereksperimen dengan bebas untuk menciptakan rasa yang baru.

Pembuatan gelato ini berbeda dengan pembuatan es krim. Es krim dibuat dengan cara diaduk pada kecepatan tinggi untuk memasukkan udara ke adonan. Dengan begitu, tekstur es krim umumnya lebih halus karena mengandung 50 persen udara di dalamnya.

Aturan negara Italia menyebutkan bahwa kandungan lemak susu pada gelato minimal 3,5 persen. Sementara, untuk es krim, rata-rata es krim yang diproduksi di dunia memiliki kandungan susu minimal sepuluh persen.

gajah putih thailand

Alasan Kenapa Thailand Identik Sama Gajah Putih

dessert panas

Ini Berbagai Pilihan Dessert Panas, yang Mana Kesukaanmu?