in ,

George RR Martin, Tokoh Penting di Balik Game of Thrones

Inilah laki-laki di balik lahirnya tokoh Arya Stark hingga Daenerys Targayen.

George RR Martin
Foto: express.co.uk

Ngobrolin.id — Serial televisi yang sedang banyak dibicarakan, Game of Thrones, merupakan salah satu karya adaptasi dari novel. Novelnya sendiri ternyata memiliki judul yang berbeda dengan judul serial tersebut. Adalah George RR Martin, laki-laki di balik lahirnya tokoh Arya Stark hingga Daenerys Targayen.

Lahir dengan nama asli George Raymond Martin, pria sepuh ini kini lebih dikenal dengan nama George Raymond Richard Martin atau George RR Martin. Ia adalah seorang novelis, penulis cerpen, sekaligus penulis naskah yang sukses menapaki kariernya.

Martin lahir di Bayonne, New Jersey, Amerika Serikat, lebih dari 70 tahun silam. Ia pernah menempuh pendidikan di Northwestern University. Pria yang memiliki tinggi 1,57 meter ini terkenal berkat karya-karyanya yang beraliran fiksi ilmiah, horor, dan fantasi.

Dari semua karyanya, yang paling membekas di hati penggemar adalah A Song of Ice and Fire. Novel ini sendiri telah diadaptasi menjadi film serial yang sangat booming, Game of Thrones.

Meskipun demikian, tidak keseluruhan kisah dalam novel diadaptasi, lho. Ada beberapa kisah original yang ditambahkan mengingat serial yang satu ini tayang dalam kurun waktu yang cukup lama, yakni delapan tahun.

Serial Game of Thrones sendiri mulai ditayangkan oleh HBO sejak 17 April 2011 dan mengakhiri musim terakhirnya pada 19 Mei 2019. Pengambilan gambar untuk syuting serial ini pun tidak main-main. Mulai dari Irlandia Utara, Malta, Skotlandia, Kroasia, Islandia, Amerika Serikat, Spanyol, hingga Maroko menjadi saksi pembuatan serial yang laris manis ini.

Martin tak hanya menjadi penulis novel dalam karya tersebut. Ia juga didaulat menjadi salah satu produser eksekutif dalam serial tersebut. Ia juga membuat naskah pada empat episode Game of Thrones.

Dengan kesuksesan Game of Thrones menembus pasar internasional, bisa dipastikan pria kelahiran 20 September 2948 ini memiliki jumlah kekayaan yang fantastis. Terhitung pada 2019, jumlah kekayaan bersih miliknya mencapai hingga 15 juta dolar Amerika.

Kariernya tersebut tak berhenti untuk dia sendiri. Sejak 2014, Martin meluncurkan kampanye untuk mengumpulkan donasi. Donasi tersebut akan didedikasikan kepada Wild Spirit Wold Santuary. Dari kampanyenya tersebut, ia berhasil mengumpulkan hingga $502,549 untuk disumbangkan.

Penulis yang satu ini juga telah banyak sekali mendapat penghargaan. Sejak 1975, ia telah mendapat penghargaan dari Hugo Award untuk Best Novel. Penghargaan tersebut ditunjukkan untuk salah satu karyanya, A Song for Lyla.

Terakhir, ia juga memenangkan Primetime Emmy Award for Outstanding Drama Series untuk Game of Thrones. Martin saat itu menjabat sebagai co-executive producer.

Game of Thrones

Akhir Kisah Game of Thrones Season 8, Mengecewakan?

A Song of Ice and Fire

A Song of Ice and Fire, Karya di Balik Game of Thrones