in ,

Girls, Begini Caranya Mengatasi Haid Tidak Lancar

jangan panik, coba cara ini dulu!

haid tidak lancar
foto: pexels

Ngobrolin.id — Siklus haid tidak lancar pasti akan menyebabkan perempuan merasa tidak nyaman dan kepikiran. Mulai dari muncul kram hingga pikiran karena tidak kunjung masuk siklus haid sehingga berujung pada stres. Ada banyak faktor yang menyebabkan haid tidak lancar. Misalnya, usia, kehamilan, menopause, stres, emosi dan lain-lain.

Untuk mengembalikan siklus haid lancar kembali, Anda perlu melakukan beberapa hal. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki siklus haid.

Olahraga dengan teratur

Olahraga dapat membantumu mengembalikan siklus menstruasi menjadi normal. Aktivitas fisik dapat meningkatkan produksi hormon endorfin di dalam tubuh. Hormon tersebut dapat membantu tubuh kamu menurunkan level stres yang bisa menjadi salah satu faktor pemicu haid tidak lancar.

Istirahat yang cukup

Setelah melakukan olahraga, kamu juga harus menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup. Banyaknya pikiran membuat tubuh kamu menjadi lebih mudah mengalami lelah. Obat yang paling mujarab untuk meredam stres dan mengembalikan stamina fisik adalah beristirahat. Hindari kebiasaan begadang yang tidak terlalu penting. Gunakan waktu tidur yang cukup agar pikiran jadi lebih rileks.

Usahakan tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malam. Kamu bisa meredupkan pencahayaan di dalam kamar agar tidur kamu menjadi lebih rileks. Sebelum tidur, sebaiknya mandi air hangat untuk menghilangkan pegal dan merelaksasi pikiran.

Mengonsumsi vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk penyerapan kalsium dalam usus. Namun, vitamin D juga bisa berfungsi untuk mengatur ovulasi agar berjalan lebih teratur. Vitamin D tersebut bisa kamu dapatkan dari sinar matahari pagi. Jadi, jangan lupa untuk berjemur di pagi hari untuk memperkaya kadar vitamin D dalam tubuh. Vitamin D juga bisa didapatkan dari salmon, tuna, produk susu, dan sereal.

Obat herbal

Ada banyak obat herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi haid tidak lancar. Obat tersebut terbuat dari rimpang-rimpangan yang mudah didapatkan seperti jahe, kayu manis, dan kunyit. Seluruh bahan tersebut bisa kamu buat menjadi ramuan tradisional yang diminum secara rutin.

gaslighting

Waspada Gaslighting, Kekerasan yang Diam-diam Bisa Bikin Kamu Benci Diri Sendiri

presenter jejak petualang

Deretan Para Presenter Jejak Petualang yang Membawa Pemirsa Keliling Indonesia