in ,

Google dan Apple Berkolaborasi Membuat Alat Pelacak Virus Corona

dua perusahaan raksasa ini berkolaborasi mencegah virus corona

google dan apple
foto: pexels

Ngoborlin.id — Biasanya kedua perusahaan yang sama-sama bergerak di bidang teknologi akan saling bersaing mengeluarkan fitur-fitur terbaru. Namun, saat ini justru Google dan Apple berkolaborasi untuk meluncurkan salah satu aplikasi yang dirancang untuk melacak penyebaran virus corona. Alat lacak yang akan diluncurkan pada Mei 2020 ini memanfaatkan koneksi Bluetooth Low Energy (BLE) yang sudah tersedia di hape kamu.

Kerja sama anatara Google dan Apple sudah diumumkan oleh masing-masing CEO pada akun Twitter pribadi mereka, yaitu Tim Cook dan Sundar Pichai.

Sistem yang akan diluncurkan tersebut adalah API (Application Programming Interface). Sistem ini bisa langsung kompatibel pada perangkat Android dan iOS. Data yang dihimpun oleh API ini bisa menjadi sumber data bagi badan kesehatan di masing-masing negara untuk mencari penyebaran virus corona. Rencananya, sistem ini akan diluncurkan pada Mei 2020.

Sistem ini akan bekerja dengan konsep contact tracing, yaitu melacak semua pengguna ponsel yang pernah berdekatan dengan pengguna ponsel. Sistem akan melacak dengan bantuan BLE, Bluetooth akan melakukan pelacakan orang-orang yang berada di sekitar ponsel pengguna.

Bluetooth akan memindai sinyal dari ponsel-ponsel yang lokasinya berdekatan dengannya selama beberapa menit. Data hasil pelacakan akan langsung tersimpan untuk menjadi data penelusuran lebih lanjut.

Jika salah satu pengguna sudah terkonfirmasi positif Covid-19, sistem akan mengirimkan notifikasi kepada ponsel pengguna dan orang-orang yang pernah berdekatan dengannya. Sistem juga akan memberikan instruksi langkah apa saja yang harus dilakukan jika pernah berdekatan dengan pasien.

Pengguna yang dinyatakan positif Covid-19 harus melakukan pembaruan status pada aplikasi agar sistem bisa memberikan notifikasi kepada pengguna lain yang pernah berdekatan. Sistem ini diharapkan mampu menekan angka penularan Covid-19 jika digunakan secara masif oleh pengguna Android ataupun iOS.

ujian nasional

Ujian Nasional 2020 Ditiadakan, Anak Sekolah Lulus Pakai Ini

setelah putus

Setelah Putus, Sebaiknya Kamu Lakukan Ini