in

Grup Vokal Tangga yang Bertransformasi Menjadi Dekat

grup vokal Tangga
Foto: instagram dekat

Ngobrolin.id — Masih ingat dengan grup vokal Tangga? Grup yang digawangi Kamga, Cevrina, Tata, dan Nerra ini telah sukses mendobrak pasar musik pada era 2005 hingga 2014 di bawah label Sony Music. Tapi, tak semua orang tahu kini mereka tak lagi tergabung dalam grup musik Tangga.

grup vokal Tangga
Foto: instagram dekat

Pada 2014, Tangga merilis lagu Tak Ke Mana-mana dan dilepas secara gratis di soundcloud. Keputusan itu diambil lantaran lagu tersebut tak sesuai dengan standar produser rekaman mereka.

Di tahun yang sama, salah satu personil, yaitu Nerra Merlin, memutuskan untuk menikah dan pindah ke Surabaya. Perempuan bersuara merdu itu pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari Tangga.

Tiga anggota yang tersisa adalah Muhammad Kamga, Tahir ‘Tata’ Hadiwijoyo, dan Chevrina Ana yang memutuskan untuk keluar dari label musik, perusahaan rekaman, manajemen, dan Tangga itu sendiri.

Sejak saat itu, mereka membentuk grup vokal yang baru bernama Dekat. Nama tersebut dipilih untuk menggambarkan hubungan ketiga personil yang sudah semakin dekat. Berawal dari satu grup vokal dan tidak saling kenal, hingga kini menjadi rekan kerja yang lebih dari sahabat.

Ketiga personil tersebut juga ingin lebih bebas menciptakan musik yang mereka inginkan, karena dirasa materi yang dibawakan produser sudah tidak relevan dengan diri mereka yang sudah semakin dewasa.

Mereka juga menegaskan bahwa Dekat dan Tangga adalah dua grup yang berbeda sama sekali, baik dari tipe musik maupun lirik yang disampaikan. Dekat terinspirasi dengan beberapa artis pop modern seperti Bastille, Ellie Goulding, Drake, dan Twenty One Pilots.

Tepat pada akhir 2014, Tangga resmi dinyatakan bubar. Sementara, proyek Dekat sudah berjalan sejak Maret 2014. Pada September 2014, mereka meluncurkan mini album secara independen dan dilepas sebagai unduhan gratis. Sebulan kemudian, mini album tersebut rilis secara digital.

Mini album kedua Dekat, bertajuk Meranggas dirilis pada Februari 2016. Di tahun yang sama, Dekat juga menyuguhkan penampilan di festival musik internasional, We The Fest.

Tahun berikutnya, Dekat merilis single 20 yang keseluruhan liriknya berbahasa Inggris. Sebulan kemudian, mereka kembali merilis single 100. Setahun kemudian, Dekat meluncurkan lagu berjudul Money dan menjadi salah satu nominasi AMI Awards 2018 untuk Karya Produksi Grup Vokal Terbaik.

Berjalan bersama sedemikian lama, mulai dari tur sampai aksi panggung di berbagai kota, transformasi Tangga menjadi Dekat tidak semudah kelihatannya. Kamu sendiri sudah pernah dengar lagu Dekat yang mana, guys? Gimana menurutmu?

Johnny Depp

Tujuh Film Terbaik yang Dibintangi Johnny Depp

William Perkasa

Antara YouTube dan Lele, Rahasia Sukses William Perkasa