in ,

Gunung Semeru dan Ile Ape Sedang Aktif!

dua gunung berapi ini sedang wajib diwaspadi ya

gunung semeru
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Pada pertengahan November ada dua gunung berapi di Indonesia, yaitu Gunung Semeru dan Gunung Ile Ape, kembali aktif dan mengeluarkan magma. Kejadian ini membuat jalur pendakian ke puncak Gunung Semeru ditutup.

Gunung Semeru diketahui sudah mengeluarkan lava pijar empat kali dengan jarak luncur sejauh 200—300 meter ke arah besuk bobokan pada (27/11). Berdasarkan laporan dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Lumajang, guguran lava sudah keluar sebanyak empat kali.

Sebelumnya, Gunung Semeru juga sempat mengalami gempa letusan sebanyak dua kali dengan amplitude 10—16 mm berdurasi 50—82 detik. Lalu disusul gempa guguran sebanyak tiga kali dengan amplitude 2—6 mm selama 57—83 detik.

Letusan kedua terjadi kembali pada Sabtu (28/11) dengan jarak luncur yang lebih jauh dari letusan pertamanya.

Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Gunung Semeru diimbau waspada dan tidak melakukan aktivitas dalam radius 4 kilometer dari lereng selatan-tenggara karena merupakan alur luncuran awan panas.

Kejadian yang hampir serupa terjadi di Gunung Ile Ape yang berada di Nusa Tenggara Timur. Pada (29/11), warga sekitar mendengar gemuruh pada pukul 09:45 WITA. Sebelum terjadi letusan yang sangat dahsyat, gunung tersebut mengeluarkan abu dan batu-batu dengan gemuruh bunyi letusan.

Warga yang tinggal di sekitar Gunung Ile Ape sudah mengungsi ke Kota Lewoleba. Letusan tersebut mengeluarkan abu vulkanik serta batu dan menciptakan longsoran. Berdasarkan pantauan, Gunung Ile Ape mengeluarkan abu vulkanik hingga mencapai 400 meter dari puncak kawah Ile Api, abu vulkanik tersebut terembus ke arah barat Pulau Lembata.

Tim BPBD sudah diterjunkan ke dua lokasi gunung berapi tersebut untuk memantau perkembangannya. Jalur pendakian Gunung Semeru sudah ditutup sejak 30 November 2020 karena aktivitas gunung berada di dekat perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang.

Sebelumnya, jalur pendakian Gunung Semeru baru dibuka pada (1/10) yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila. Pendakian di gunung tersebut dibatasi sebanyak 120 orang per hari. Pendaki harus memesan tiket pendakian terlebih dahulu melalui website yang direkomendasikan oleh pihak pengelola.

film horor tidak seram

Film-film Horor Indonesia yang Tidak Seram Sama Sekali

daesang

Sering Dengar Kata Daesang? Ini Artinya