in

Gunung Taal Filipina Meletus

Gunug berapi kecil di Filipina meletus

Gunung Taal
foto: pixabay

Ngobrolin.id Gunung Taal merupakan gunung berapi aktif kedua di Filipina yang berada di area Cincin Api Pasifik. Lokasi gunung ini berada sekitar 45 mil selatan dari pusat ibu kota Filipina, yakni Manila. Sebenarnya Gunung Filipina termasuk gunung berapi kecil, namun ketika sudah meletus mampu membuat satu negara menjadi panik.

Dilansir dari laman CNBCIndonesia, pada Minggu, 12 Januari 2020 gunung berapi tersebut mengeluarkan abu vulkanik hingga setinggi 15 km (9 mil) ke langit. Hampir setengah juta penduduk yang tinggal di sekitaran gunung harus dievakuasi akibat dampak meletusnya Gunung Taal Filipina.

Meskipun ukuran Gunung berapi ini terbilang kecil, saat meletus gunung ini menjadi sangat berbahaya. Letusannya berpotensi menimbulkan tsunami dari danau.

Gunung ini sudah meletus lebih dari 30 kali dalam beberapa abad terakhir. Erupsi paling hebat yang dialami Gunung berapi kecil ini terjadi pada 1754 dan berlangsung selama 200 hari.

Di balik bencana tersebut, sebenarnya Gunung Taal merupakan gunung yang memiliki tanah subur sehingga mampu menumbuhkan berbagai macam jenis tanaman yang menguntungkan warga sekitar. Selain subur, panorama yang disuguhkan oleh gunung ini mampu menarik perhatian turis untuk mengunjunginya.

Gunung Taal dikelilingi oleh danau. Banyak turis yang berkunjung untuk menikmati panorama tersebut atau sekadar berswafoto saja. Gunung ini pun bisa didaki dengan medan yang tidak terlalu curam. Akses transportasi ke Gunung Taal pun terbilang mudah, dapat ditempuh dengan bis dari beberapa kota besar di Filipina.

Akibat dari erupsi Gunung berapi terkecil di Filipina, membuat pemerintah Filipina harus membatalkan penerbangan dan menyebabkan para penumpang tertahan di Bandara Internasional Ninoy Aquino. Dampak lain dari erupsi Gunung berapi kecil ini adalah beberapa sektor perekonomian di negara tersebut harus ditutup, salah satunya bursa saham Filipina.

Dari hari ke hari, erupsi gunung semakin mengkhawatirkan sehingga pemerintah mulai menaikkan level kewaspadaan hingga level ‘letusan dahsyat’. Terakhir, erupsi Gunung Taal terjadi pada 1977 sebelum akhirnya ia meletus kembali di awal 2020.

 

Minum Teh Sehabis Makan

Ternyata Minum Teh Sehabis Makan Tidak Baik

menyambut hari senin

Tips Jitu Menyambut Hari Senin Kamu Jadi Menyenangkan