in ,

Guys, Begini Cara Mencuci Sepatu yang Benar dan Gak Merusak

Kamu sudah tahu belum cara mencuci sepatu yang salah bikin sepatu jadi cepat rusak?

mencuci sepatu
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sepatu yang kamu kenakan ada kalanya sudah butuh untuk dicuci, apalagi jika sepatu tersebut dipakai setiap hari. Tapi, tahukah kamu kalau mencuci sepatu itu malah bisa memperpendek umur sepatu. Mendiamkan sepatu dalam keadaan kotor juga akan menyebabkan sepatu lebih mudah rusak. Makanya, sepatu tidak bisa dicuci sembarangan dan membiarkannya kotor jika kamu ingin umurnya lama.

Cara paling mudah dan tepat untuk membersihkan sepatu yang kotor adalah datang ke tempat pencucian sepatu. Mereka sudah ahli dan mengetahui dengan baik karakter sepatu. Makanya, mereka paham bagaimana caranya mencuci sepatu yang benar.

Kalau di kotamu masih terbatas jasa pencucian sepatu atau saat sedang malas ke tukang pencuci sepatu, berikut ini cara-cara mencuci sepatu yang benar dikutip dari berbagai sumber. Hal yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah melihat label perawatan pada sepatu. Dari situ, kamu akan tahu cara mencuci yang tepat untuk sepatu kamu.

Lepaskan tali sepatu

Pertama-tama, kamu perlu melepaskan tali sepatu dan gosok tali tersebut di atas papan pengering dengan sikat dan diberi sabun. Setelah itu, keringkan tali dan pastikan tali tersebut sudah benar-benar kering sebelum dipasang kembali. Apabila tali sudah sangat kotor dan rusak, sebaiknya ganti tali sepatu dengan yang baru.

Bersihkan sol

Bersihkan sol bagian dalam dengan menggunakan sikat lembut atau kain lap yang direndam air hangat dan sabun cuci cair. Serap air bersabun yang berlebih dengan spons atau bilas dengan air bersih. Biarkan sol tersebut agak mengering dengan sendirinya sebelum dipasang kembali ke sepatu.

Bagian luar

Kotoran yang menempel pada bagian luar sepatu sebaiknya dibersihkan dengan sikat berbulu halus, seperti sikat sepatu atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Kamu bisa memanfaatkan tusuk gigi atau kapas pentol untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit.

Oleskan sedikit larutan pembersih pada spons, lalu lap secara lembut ke sepatu. Selanjutnya, gosok bagian luar tersebut. Jika kotoran masih membandel, lakukan cara tersebut secara berulang-ulang. Larutan pembersih tersebut terbuat dari air hangat dengan sedikit sabun cuci cair.

Sepatu berwarna putih

Untuk sepatu berwarna putih, sebaiknya gunakan pasta gigi agar warna putih tidak mudah luntur. Setelah itu, bilas dengan air.

Mengeringkan sepatu

Kesalahan yang sering terjadi adalah menjemur sepatu di bawah sinar matahari secara langsung, padahal cara ini dapat merusak sepatu. Selain itu, kerap ditemukan orang yang mengeringkan sepatu dengan pengering mesin cuci. Sepatu cukup dikeringkan di tempat dengan kondisi cahaya yang cukup dan suhu ruang yang tidak terlalu kering.

rekber

Rekber, Jurus Jitu Menghindari Penipuan Belanja Online

sifat asli teman

Tips dan Trik Mengetahui Sifat Asli Teman