in

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Yuk Perkaya Diri dengan Kemampuan Ini

Nggak perlu belajar sampai ke negeri seberang, pembelajaran yang harus kita tahu bisa kita mulai dari hal kecil, kok.

Menghadapi revolusi industri 4.0
Foto: pixabay

Ngobrolin.id Menghadapi revolusi industri 4.0, tantangan yang dihadapi para pekerja pun semakin banyak. Mulai dari maraknya kecerdasan buatan yang menggantikan kerja manusia, hingga alat-alat super canggih lainnya.

Tapi jangan khawatir, masih ada banyak cara supaya kita sebagai generasi milenial nggak ketinggalan zaman dan kalah bersaing di era ini. Cara paling mudahnya adalah dengan terus belajar. Nggak perlu belajar sampai ke negeri seberang, pembelajaran yang harus kita tahu bisa kita mulai dari hal kecil, kok.

Bahasa Inggris

Seiring dengan arus globalisasi yang tak lagi terbendung, kemampuan berkomunikasi pun tidak lagi bisa ditawar. Jika ingin mendapatkan banyak kesempatan, kualitas komunikasi juga harus dikembangkan.

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan di seluruh dunia. Kamu bisa mencari pembelajaran bahasa Inggris, mulai dari kursus sampai mencari yang serba gratis di media sosial.

Selain bahasa Inggris, bahasa internasional lain seperti bahasa Mandarin, bahasa Arab, bahasa Prancis, dan lain-lain juga tak kalah penting untuk dikuasai.

Coding

Kini, akses informasi sebagain besar tergantung kepada internet dan jaringan komputer. Oleh karena itu, kemampuan coding akan sangat membantu jika kita ingin terus bertahan hidup di zaman yang serba maju.

Mempelajari coding sendiri sebenarnya butuh pendidikan yang cukup tinggi. Tapi tak ada salahnya untuk mencari tahu ilmu tersebut sedikit demi sedikit. Atau, jika ingin serius, kesempatan terbuka lebar, lho. Mengingat kedepannya akan dibutuhkan semakin banyak programmer untuk menunjang teknologi di kehidupan kita.

Statistik

Ilmu hitung yang satu ini juga tak kalah penting. Statistik punya peranan yang sangat vital bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Mulai dari mendata penduduk sampai menghitung berbagai hasil penelitian, statistik sangat diperlukan.

Dengan mempelajari ilmu statistik, kita akan lebih mudah membaca pergerakan dan data yang ada di masyarakat. Adaptasi terhadap perubahan pun jadi lebih mudah lagi.

Dikutip dari akun resmi Kemenperin RI, Menteri Perindustrian Indonesia, Airlangga Hartarto mengatakan, “Reskilling dan upskilling itu diperlukan karena digitalisasi ekonomi butuh skill set yang berbeda dengan ekonomi sebelumnya.”

Dengan kata lain, meningkatkan kemampuan dengan ilmu terbaru sangat diperlukan. Ilmu memang terus berkembang dari masa ke masa. Tidak ada usia yang bisa membatasi proses pembelajaran. Yuk, mulai semakin semangat menuntut ilmu jadi lebih baik lagi!

kota terapung

Mengenal Konsep Kota Terapung, Mungkinkah Diterapkan?

jenis kurma yang paling populer

4 Jenis Kurma Paling Populer di Indonesia