in ,

Hagia Sophia Dibuka Kembali Menjadi Masjid, Begini Tanggapan Warga Dunia

reaksi dari berbagai negara saat Hagia Sophia dibuka menjadi masjid kembali

hagia sophia
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Memang harus diakui Hagia Sophia sudah sejak lama menjadi salah satu daya tarik wisatawan di Turki. Dahulu, bangunan ini merupakan gereja yang dialih fungsi menjadi masjid pada zaman Muhammad Al Fatih. Namun, pada zaman Kemal Ataturk, bangunan ini diubah menjadi museum.

Hagia Sophia sudah berdiri sejak 27 Desember 537 Masehi di masa Kekaisaran Bizantium Justinian 1. Fungsi utama dari bangunan yang megah ini adalah gereja Katedral Kristen terbesar pada eranya. Seiring berjalannya waktu, kepemilikannya beralih akibat peperangan ke tangan Ortodoks Yunani, lalu beralih ke Katolik Roma, dan akhirnya kembali ke Ortodoks Yunani.

Fungsinya diubah menjadi masjid pada saat Muhammad Al Fatih memimpin Kekaisaran Ottoman atau Utsmani setelah berhasil menaklukan Bizantium pada 1435 hingga 1931. Oleh karena itu, di dalam bangunan kuno super megah ini memiliki mimbar dan kaligrafi lafal Allah swt dan Muhammad saw.

Selanjutnya, saat Turki memasuki era modern dan mulai dipimpin oleh Mustafa Kemal Ataturk, Hagia Sophia resmi diubah menjadi museum pada 1935. Kebijakan tersebut disambut baik oleh dunia karena menjadikan bangunan ini sebagai milik bersama antara peradaban Barat dan Timur.

Selama berfungsi menjadi museum, Hagia Sophia sudah ditetapkan menjadi situs warisan budaya oleh UNESCO atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Persatuan Bangsa-Bangsa. Keindahan bangunan yang super megah ini menjadi tempat orang-orang  mempelajari kebudayaan.

Kini, di bawah kepemimpinan Recep Tayyip Erdogan, Hagia Sophia diubah menjadi masjid dan umat muslim sudah bisa menggelar ibadah di tempat tersebut pada 24 Juli 2020. Azan pertama pun sudah dikumandangkan, banyak masyarakat muslim di Turki yang menyambut dengan gembira, mendokumentasikannya dan mengunggahnya ke internet. Hampir seluruh media berita di Turki menyiarkan berita tersebut.

Tentunya pengubahan Hagia Sophia menjadi masjid mengundang berbagai macam tanggapan, ada yang setuju dan tidak setuju. Dilansir dari bbc.com, Paus Fransiskus hanya berbicara sepatah kata tentang kejadian ini, “Saya memikirkan Istanbul. Saya memikirkan Santa Sophia dan saya sangat terluka.”

Dilansir dari kompas.com, Yunani melalui Menteri Pembangunan Pedesaan, Makis Viridus, mengancam akan mengubah rumah Mustafa Kemal Ataturk, Bapak Turki Modern, menjadi museum genosida.

Dilansir dari Tirto.id, pengubahan Hagia Sophia merupakan langkah Erdogan yang dilakukan untuk memenuhi janji Muhammad Al Fatih.

Naya Rivera

Naya Rivera Ditemukan Tidak Bernyawa Setelah Lima Hari Menghilang

biosko[ akan dibuka

Bioskop akan Dibuka Kembali, Catat Tanggalnya!