in ,

Hai Wanita, Perhatikan Tips Ini agar Aman Menggunakan Jasa Ojol

hati-hati di jalan, ya!

menggunakan jasa ojol
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Meskipun pihak ojol sudah menjamin keamanan penumpang dengan mengetatkan regulasi driver, tetap saja ada orang yang mengambil celah untuk kejahatan. Kamu harus tahu beberapa hal agar aman menggunakan jasa ojol. Yuk, simak tips-tips berikut agar aman pakai jasa ojol.

Belum lama ini tersebar cuitan pengguna Twitter yang hampir mengalaim tindak kejahatan saat menggunakan jasa taksi online. Menurut ceritanya, nomor plat sudah sama dengan catatan di aplikasi sehingga dia tidak memiliki firasat apa pun. Cerita tersebut merupakan salah satu dari beberapa cerita yang kerap dialami wanita ketika naik ojol sendirian. Berikut ini cara agar kamu aman menggunakan jasa ojol.

Jangan terlalu fokus ke hape

foto: unsplash

Menggunakan ponsel saat di kendaraan umum memang memiliki risiko bahaya yang cukup besar, hal itu berlaku juga dalam ojol/taksi online. Usahakan jangan menggunakan hape kalau bukan dalam keadaan mendesak, sebaiknya fokus memerhatikan perjalanan agar bisa mewaspadai keadaan yang dirasa ganjil.

Saat kamu asyik bermain ponsel justru menjadi peluang tindakan kriminal meningkat karena kamu sedang lengah yang merupakan kesempatan bagi para penjahat.

Gunakan pakaian yang sopan

Jangan biarkan gaya berpakaian kamu mengundang perhatian, bahkan hingga tangan dan mata yang usil mengganggu kenyamanan.

Jangan mengenakan aksesoris yang mencolok

menggunakan jasa ojol
foto: unsplash

Sama seperti gaya berpakaian, aksesoris yang berlebihan juga akan mengundang perhatian orang-orang di jalan. Pesan orangtua dulu itu memang benar.

Kalau naik angkutan umum lebih baik terlihat gembel dibandingkan terlihat mencolok agar tidak menjadi sasaran copet.

Sebenarnya tidak harus terlihat lusuh juga, yang terpenting aksesoris yang dikenakan tidak mengundang perhatian serta niat kejahatan, gunakan sewajarnya.

Pastikan kecocokan driver asli dengan data di aplikasi

Sebaiknya konfirmasi ulang jika kendaraan yang datang berplat beda dari catatan yang di aplikasi, apalagi jika driver berbeda. Kini, sering dikenal dengan driver cabutan, yaitu driver yang menggantikan driver utama. Tak semuanya driver cabutan berbahaya, tetapi untuk lebih amannya sebaiknya konfirmasi ulang.

Selain itu, kamu juga bisa memfoto layar (screenshot) orderan dan dikirim ke kerabat dekat untuk berjaga-jaga jika driver melakukan tindakan kriminal.

Pilih lokasi penjemputan yang ramai

foto: pexels

Jangan mau diarahkan ke tempat yang sepi. Sebaiknya, gunakan titik penjemputan yang ramai untuk meminimalisir peluang kejahatan.

penambah darah

7 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

larry tesler

Kenalan dengan Larry Tesler, Penemu Copy-Paste