in

Hai Wanita, Pernah Menangis Tanpa Sebab?

tiba-tiba menangis padahal tidak ada hal yang mengharukan? coba cek disini jawabannya

menangis tanpa sebab
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Hampir semua wanita pernah mengalami ingin menangis tanpa sebab. Wanita memang manusia yang sangat mudah dipengaruhi oleh rasa sehingga mudah menangis. Menangis tanpa sebab juga bisa merupakan tanda kondisi kesehatan seseorang yang sedang dialami, baik oleh wanita maupun pria.

Kamu harus lebih waspada perihal kondisi yang terjadi secara tidak wajar, seperti tiba-tiba menangis padahal tidak tahu apa penyebabnya. Dengan begitu, kamu bisa langsung datang ke tenaga ahli untuk segera ditangani jika memang penyebabnya cukup mengkhawatirkan. Jangan takut untuk datang ke tenaga ahli jika dirasa perlu karena itu demi kebaikan diri kamu. Kamu juga harus memerhatikan kemungkinan-kemungkinan yang bisa membuat kamu menangis tanpa sebab.

Sedang masa PMS

Pada masa PMS kondisi emosional wanita akan fluktuatif, kadang bahagia kadang sedih. Hal tersebut disebabkan oleh perubahan hormon yang sedang terjadi. Perubahan mood yang terlalu ekstrem bisa menyebabkan wanita menangis meskipun tidak jelas alasannya apa.

Untuk meminimalisir, sebaiknya jaga konsumsi asupan makanan dengan tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh.

Gejala depresi

Tekanan stres yang terlalu berat, terkadang sulit dideteksi oleh diri sendiri sehingga mereka sering tidak menyadari dirinya sedang tidak baik-baik saja. Gejala depresi bisa membuat manusia menangis meskipun ia bingung apa yang menyebabkannya.

Gejala gangguan kecemasan

Dilansir dari helloSEHAT, gangguan kecemasan yang sedang menimpan wanita dapat menyebabkan pasien menangis meskipun sedang tidak merasakan hal yang sedih ataupun terharu. Hal tersebut disebabkan oleh panik yang mereka rasakan dan menimbulkan ketakutan. Ketakutan tersebut membuat otak mengeluarkan sinyal menangis kepada tubuh sebagai bentuk pelampiasan rasa emosi dan stres yang sedang dirasakan.

Gejala cedera saraf otak

Kondisi emosi yang tak terkendali seperti marah, tertawa, dan menangis bisa disebabkan oleh saraf otak yang sedang cedera sehingga sulit untuk mengendalikan emosi. Penyakit ini disebut sebagai Pseudobulbar affect.

Penderita stroke, alzheimer, parkinson, dan multiple sclerosis sangat rentang terkena cedera saraf otak. Penyakit ini sering disalahartikan menjadi depresi karena memiliki gejala yang sama.

kopi cold brew

Tips dan Trik Menyeduh Kopi Cold Brew dengan Alat Sederhana

souvenir pernikahan ramah lingkungan

6 Souvenir Pernikahan Ramah Lingkungan