in

Hal-hal Ini Ternyata Bisa Jadi Penyebab Sariawan

Jangan remehkan gejala penyakit yang satu ini

penyebab sariawan
Foto: freepik

Ngobrolin.id Sering muncul tanpa diduga, penyebab sariawan ternyata bisa dari mana saja. Luka sariawan pun bisa terjadi di mana saja. Mulai dari bagian dalam bibir, lidah, hingga gusi. Sebaiknya, kenali penyebab sariawan agar dapat diantisipasi kedatangannya.

Stres

Stres bisa memicu berbagai penyakit dan sariawan adalah salah satu yang paling ringan. Sariawan karena stres bisa terjadi ketika menjelang ujian, pekerjaan menumpuk, ataupun sedang diterpa masalah lainnya.

Tanda penyakit tertentu

Radang saluran pencernaan, gangguan imunitas, bahkan herpes bisa dideteksi pada orang yang sariawan. Sariawan menjadi salah satu tanda kamu menderita penyakit tersebut. Tidak ada salahnya untuk cek kesehatan jika kamu memiliki gejala lainnya.

Kurang konsumsi vitamin C

Vitamin C dikenal bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu ciri tubuh yang kekurangan vitamin C adalah mengalami sariawan, baik sariawan dalam mulut, lidah, maupun gusi. Solusinya adalah perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi seperti buah-buahan.

Ternyata, kekurangan vitamin C bukanlah satu-satunya penyebab sariawan. Jika kamu mengalami kekurangan nutrisi lain seperti zat besi, asam folat, dan vitamin B12, kamu juga rawan terkena sariawan. Perhatikan asupan makanan agar selalu tercukupi, ya!

Sensitif terhadap makanan

Beberapa minuman atau makanan mungkin saja menimbulkan sariawan bila kamu sensitif terhadap bahan yang digunakan. Beberapa makanan yang bisa memicu sariawan antara lain kopi, cokelat, stroberi, kacang, keju, dan bisa jadi makanan pedas.

Cedera

Cedera yang menimbulkan sariawan juga mungkin terjadi, lho. Cedera ini bisa diakibatkan karena menyikat gigi terlalu keras, luka pada gusi, hingga lidah tergigit oleh gigi. Selain itu, kandungan sodium lauryl sulfate pada pasta gigi juga bisa mencadi penyebab sariawan. Zat ini juga ditemukan pada obat kumur untuk mencegah bau mulut.

Genetik

Tidak banyak ditemui memang, tapi sariawan yang berkepanjangan bisa dipicu karena genetik. Jika kamu menderita sariawan dan menemukan bahwa anggota keluargamu juga memiliki riwayat sariawan kronis, hal tersebut sangat mungkin terjadi. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan mulut, serta berhati-hatilah agar tidak kering dan terluka.

 

kota terbesar di Indonesia

Kenali 7 Kota Terbesar di Indonesia

tips berjemur

Tips Berjemur Bagi Ibu Hamil