in , ,

Hal-hal yang Bisa Dilakukan Setelah Lulus Kuliah Selain Bekerja

jangan nganggur aja, lakukan hal ini!

setelah lulus kuliah
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Kebanyakan orang pasti ingin langsung kerja setelah lulus kuliah. Namun, sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut karena mungkin lamarannya belum ada yang diterima atau kondisinya memang belum memungkinkan untuk langsung bekerja.

Nah, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang setelah lulus kuliah sehingga waktu yang kamu miliki tidak akan terbuang sia-sia.

Bangun usaha

Sepertinya sekarang stigma pekerja kantoran merupakan orang yang sukses sudah tidak berlaku lagi. Banyak kok pebisnis yang bahkan bisa lebih sukses dari seorang karyawan. Kalau kamu punya bakat seperti melukis, memasak, menjahit, atau bahkan bakat marketing, coba saja untuk bisnis kecil-kecilan untuk mengisi waktu luang.

Memang membangun usaha tidak mudah, kamu pasti akan merasakan bagian pahitnya. Namun, jangan pernah merasa putus asa untuk terus mencoba dan memperbaiki diri. Mumpung masih muda dan waktu yang kamu miliki masih sangat banyak untuk terus belajar.

Daftar magang atau kerja part time

Mencari lowongan magang atau kerja part time mungkin memang lebih mudah dibandingkan lowongan kerja. Kamu bisa mencari berbagai pengalaman di lowongan-lowongan magang tersebut. Biasanya perusahaan besar seperti ­e-commerce membuka kesempatan kepada fresh graduated untuk magang. Meskipun statusnya berbeda dengan karyawan, setidaknya kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu dari kegiatan magang tersebut.

Kursus keahlian

Ada beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan sertifikat profesi sebagai syaratnya. Kamu bisa gunakan waktu luang tersebut untuk mengambil kelas kursus. Misalnya, kursus akuntasi, perpajakan, make up, masak, menulis, marketing, atau apa pun itu yang berhubungan dengan keahlian kamu sendiri.

Menjadi volunteer atau relawan

Bekerja sebagai volunteer atau relawan memang tidak akan mendapatkan gaji seperti karyawan. Tapi, setidaknya kamu bisa memperluas koneksi kamu sekaligus memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan yang berguna.

Melakukan hobi

Kamu bisa gunakan waktu luang setelah lulus kuliah untuk melakukan hobi yang sempat tertunda akibat sibuk kuliah.

kantung mata hitam

Tips Menghilangkan Kantung Mata Hitam dengan Mudah

menggunakan porepack

Cara Menggunakan Pore Pack yang Benar, Dijamin Komedo Terangkat!