in ,

Hampir Serupa dengan Clubhouse, Kamu Sudah Tahu Fitur Spaces di Twitter?

twitter
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Clubhouse saat ini menjadi aplikasi media sosial yang lagi digandrungi banyak orang, khususnya pengguna iPhone. Namun, sepertinya popularitas aplikasi Clubhouse bakal tersaingi dengan fitur terbaru dari Twitter, namanya spaces. Fitur spaces Twitter hampir mirip dengan Clubhouse.

Perbedaan yang mencolok dari fitur spaces ialah seluruh anggota forum disatukan dalam satu bagian. Namun, anggota forum dapat dibuat secara berurutan, mulai dari host, speaker, dan listener. Pada fitur ini hanya membatasi 10 orang pembicara, mungkin untuk mencegah terlalu banyaknya pembicara yang berkontribusi dalam forum tersebut.

Anggota forum yang ingin menjadi pembicara harus mengetuk ikon request, mirip seperti raise hand yang ada di Clubhouse. Setelah ajuannya disetujui oleh host, anggota baru dapat menjadi pembicara.

Hal unik dari fitur spaces pada Twitter adalah tombol reaksi yang diwakilkan dengan ikon. Kamu bisa memiliki salah satu emoji dari enam emoji yang disediakan. Emoji yang dipilih akan ditampilkan pada foto profil anggota. Nah, dengan fitur ini para pendengar bisa mengapresiasi pembicara tanpa harus menyalakan mikrofon, seperti dengan memilih emoji tepuk tangan atau tertawa.

Saat ini Twitter sedang mengembangkan fitur penanda bagi anggota yang sedang menjadi host di forum obrolan tersebut. Nanti akan muncul di bagian fleets Twitter, bedanya fleets pengguna yang sedang menjadi host akan berwarna ungu, bukan biru.

Cara memulai obrolan pada spaces terbilang cukup mudah dan hampir mirip seperti membuat fleets. Pengguna hanya tinggal membuka ikon foto profil yang berada di pojok kiri atas. Kemudian swipe ke bagian spaces dan pengguna sudah bisa menggunakannya.

Namun, sayangnya hingga kini fitur tersebut masih belum bisa digunakan di Indonesia. Fitur tersebut sebenarnya dapat menjadi fitur yang bagus untuk mewadahi para kreator sharing di bidangnya masing-masing, mengingat saat ini sudah banyak kreator yang aktif di Twitter, mulai dari kalangan seniman hingga dokter.

Selain itu, jumlah fitur di dalam space terbilang lebih banyak dibanding Clubhouse dan fitur tersebut bisa diakses oleh pengguna Android ataupun iPhone.

 

 

imperfct the series

Apakah Imperfect The Series Beneran Kocak?

indosat dan tri

Kabar Merger Indosat dan Tri, Bener Gak Ya?