in

Hangatkan Malam dengan Minuman Khas Indonesia

Malam hari yang dingin akan jadi lebih hangat dan dekat

aneka minuman hangat
Foto: instagram buminiresto

Ngobrolin.id — Di malam hari, suhu udara akan lebih rendah dibandingkan di siang hari. Jika kamu sedang berada di luar ruangan, tidak ada salahnya mengonsumsi aneka minuman hangat berikut agar bisa turut menghangatkan suasana. Minuman-minuman ini asli dari Indonesia, lho.

Wedang jahe

aneka minuman hangat
Foto: instagram angkringanyakinbali

Minuman yang satu ini sudah sangat terkenal sebagai minuman penghangat suasana malam. Seduhan jahe bisa memberikan efek yang menenangkan sekaligus menyegarkan. Cara membuatnya juga mudah, yakni dengan menyeduh jahe yang sudah digeprek dan dibakar dengan air panas secukupnya. Tambahkan sedikit gula agar rasanya manis.

Wedang secang

aneka minuman hangat
Foto: instagram mbok.ndoro

Seperti namanya, wedang secang terbuat dari seduhan kayu secang. Kayu ini sendiri merupakan rempah yang berkhasiat bagi tubuh. Warna merah didapatkan dari kayu yang sudah dijemur dan dikeringkan. Aroma dan rasanya bisa membuatmu merasa rileks di malam hari.

Sekoteng

aneka minuman hangat
Foto: instagram buminiresto

Berasal dari daratan Tiongkok, minuman ini diadaptasi dan berakulturasi dengan budaya Indonesia. Kamu bisa membuat sekoteng dengan merebus campuran jahe, serai, kayu manis, daun jeruk, dan daun pandan. Sebagai isian, sekoteng diberikan kolang kaling, kacang hijau rebus, pacar cina rebus, roti tawar, dan kacang tanah.

Wedang ronde

aneka minuman hangat
Foto: instagram rondedenayu

Hampir mirip dengan sekoteng, wedang ronde juga terbuat dari wedang jahe yang diberi isian unik. Isian ini berupa ronde, bulatan dari tepung ketan berisi gula jawa. Tambahkan pula kacang tanah, kolang-kaling, dan roti tawar. Minuman khas Yogyakarta ini pun siap dihidangkan.

Bajigur

aneka minuman hangat
Foto: instagram ismot.is

Minuman khas Sunda yang satu ini terbuat dari campuran utama berupa santan dan kopi. Rasanya yang gurih dan ‘nendang’ cocok menemanimu begadang di malam hari. Bajigur biasa disajikan dengan camilan berupa kacang rebus, ubi rebus, dan gorengan.

Bandrek

aneka minuman hangat
Foto: instagram kopi_amore

Masih dari Jawa Barat, bandrek terbuat dari susu dan jahe dengan tambahan telur ayam yang sudah dikocok di wadah berbeda. Selain digemari karena rasanya, minuman ini juga dipercaya punya banyak khasiat.

Wedang sarabba

aneka minuman hangat
Foto: instagram solodoyanmangan

Dari Makassar, kita berkenalan dengan wedang sarabba. Sama seperti bandrek, minuman ini juga dibuat dari kuning telur sebagai tambahan. Sarabba sendiri terbuat dari santan, gula merah, jahe, dan diberi rempah seperti lada, biji pala, hingga kayu manis.

Wedang uwuh

aneka minuman hangat
Foto: instagram nomdicted

Dalam bahasa Jawa, kata ‘uwuh’ berarti sampah. Minuman ini mendapat julukan wedang uwuh karena penampilannya yang mirip sampah rempah dengan daun-daunan yang diseduh. Padahal, ‘uwuh’ yang digunakan adalah rempah-rempah yang kaya manfaat, lho. Mulai dari kayu manis, daun cengkih, daun pala, dan sebagainya.

tips berjemur

Tips Berjemur Bagi Ibu Hamil

makanan saat hamil

Hindari Makanan Ini Saat Hamil